Pages

Thursday, November 14, 2013

Dukung Keterbukaan Informasi Publik

Dukung Keterbukaan Informasi Publik,
Admin Portal BUMN Gelar Koordinasi di 4 Kota
 Di sisi lain, Lambonar menyangkan masih banyak BUMN yang belum memiliki kesadaran untuk memperbaharui data di portalnya.
Dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik, Kementerian BUMN RI melalui Bidang Sistem Informasinya mengadakan gathering sistem informasi di empat kota, Jakarta, Bandung, Gresik dan Lampung di November 2013 ini.

Salah satu venue gathering ini adalah PT Semen Indonesia yang berlokasi di Gresik Jawa Timur.  Acara yang dikemas dalam Koordinasi Forum Pengelola Sistem Informasi Kementerian BUMN di lokasi ini diikuti oleh sedikitnya 20 BUMN, termasuk PT DAHANA (Persero) didalamnya.


Menurut Lambonar Silitonga, Kabid Sistem Informasi Kementerian BUMN dalam sambutannya, acara ini sebagai update dan monitoring sekaligus sosialisasi redesain portal publik, dan penyederhanaan beberapa portal lainnya.  Seperti diketahui, Portal yang tersedia meliputi Portal  Financial Information System (FIS), Portal Publik, Portal SDM, Portal Aset dan Portal PKBL.

Kehadiran Portal BUMN yang sudah berumur lebih dari tiga tahunan ini seiring dengan semangat keterbukaan informasi publik melalui e-government.  Data-data yang diisi oleh BUMN-BUMN juga digunakan sebagai sarana pelaporan ke pemegang saham dan berfungsi sebagai alat bantu untuk analisa kebijakan dan regulasi pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN.

Lambonar menyayangkan masih banyaknya BUMN yang belum memiliki kesadaran untuk memperbaharui data secara rutin.  “Ketidaklengkapan data tersebut membuat outputnya tidak maksimal dan tidak valid,” ungkapnya.

Dalam sambutan lainnya, Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Sucipto menyambut baik acara ini.
Dwi Sucipto menggaris bawahi peran para IT dalam mendukung pembentukan citra perusahaan melalui media komunikasi.  “Kami serius membangun Tim IT untuk mendongkrak citra perusahaan.  Dan, yang pertama sinergi pada saat holding perusahaan semen ini adalah Departemen IT,” tuturnya.

Dahana Teraktif Kedua
Pada kesempatan yang sama, Kabid Sistem Informasi Kementerian BUMN Lambonar Silitonga  mengumumkan portal publik teraktif.   Urutan pertama diraih PT Pertamina, PT DAHANA (Persero) diurutan kedua, dan PT Leces di posisi ketiga.

Pencapaian posisi kedua bagi DAHANA ini termasuk hasil yang memuaskan karena beberapa waktu lalu berkutat di papan bawah.  Menurut Humas PT DAHANA (Persero) Juli Jajuli, hal ini sesuai dengan target Tim Humas DAHANA untuk lebih aktif mengelola media komunikasi, terutama media online.  “Peringkat kedua ini hanya sasaran antara dalam perbaikan posisi, hal yang lebih penting adalah peningkatan citra perusahaan itu sendiri,” ujarnya.

Saat ini DAHANA memiliki berbagai media komunikasi.  Media dalam versi cetak dituangkan dalam Majalah D-File yang terbit dua bulanan.  Sementara untuk versi online terdapat website (www.dahana.com), Blog (www.dahana-blog.blogspot.com), Portal Internal (www.portal.dahana.com), dan Portal BUMN (www.bumn.go.id/dahana).  Sementara di media sosial, DAHANA memiliki akun facebook (dahana persero), twitter di @ptdahana serta linkedin (dahana persero).

Kehadiran media-media tersebut sebagai jawaban atas tantangan pergeseran penggunaan media ke arah media online.  Terlebih dengan jenis usaha DAHANA yang sangat segmentif, bidang bahan peledak, menuntut praktisi komunikasi lebih jeli menjalankan strategi komunikasinya. (jjs)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888