Pages

Tuesday, August 13, 2013

Dongkrak Penjualan, Shaped Charges Unjuk Gigi dalam API Test

Guna meningkatkan daya saing produk handak buatannya, PT Dahana (Persero) menggelar uji coba American Petroleum Institute Test (API Test) handak shaped charges miliknya di Desa Situwangi Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung, pada Kamis (08/05).  Tes API yang menjadi ajang unjuk gigi kemampuan produk Shaped Charges made in Dahana ini disaksikan beberapa konsumen DAHANA di sektor Migas, seperti PT Pertamina, PT Elnusa, Medco, Schlumberger, dan Total Energy.


Dalam uji coba ini, PT DAHANA (Persero) menggunakan 2 jenis handak.  Handak pertama yakni Deep Penetrating Shaped Charges (DP) untuk high shot and ported carrier system, yang dirancang untuk penggunaan pada lingkungan formasi pasir, batuan limestone padat, dan batuan  limestone dalam. Sementara handak kedua menggunakan tipe Big Hole Charge (BH).  Berbeda dengan tipe DP, produk jenis BH ini dirancang untuk keperluan peledakan di lingkungan formasi pasir atau aplikasi gravel pack.

Sesuai prosedur yang berlaku, API test yang dilakukan Divisi Migas PT DAHANA (Persero) ini disaksikan oleh perwakilan ahli dari American Petroleum Institute. Diungkapkan Dodi Yudanto, Supervisor Peledakan, supervisi tersebut selain untuk memastikan pengujian dilakukan sesuai prosedur, hasil API test tersebut akan diunggah ke situs web API di http://compositelist.api.org/facilitieslist.aspx?Fac=Yes&CertificationStandard=API-19B

“Ini memungkinkan perusahaan-perusahaan minyak, baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri, bisa mengetahui kemampuan produk yang dihasilkan anak bangsa Indonesia lewat DAHANA,” ujar Dodi.  Selain itu lanjut Dodi, API Test pada akhirnya bisa mendongkrak penjualan dan kepercayaan konsumen pada produk shaped charges. Tercatat, saat ini PT DAHANA (Persero) menjadi satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang memproduksi shaped charges yang dipakai dalam eksplorasi Migas.

Tahapan API Test sendiri meliputi evaluasi terhadap perforating systems under surface condition-concrete target. Dengan melalui proses semua shaped charge di masukan ke dalam lubang tembak yang sudah ditentukan, kemudian dimasukan ke dalam concrete target yang sudah dicetak minimum 28 hari sebelum tes peledakan pada suhu  lebih dari 32°F.

Sementara, tingkat average compressive strength  di tentukan antara 5.000 psi – 7.500 psi. Shaped charge yang ditembak pertama adalah E16g RDX, kemudian diikuti dengan E23g RDX dan yang terakhir adalah HSD 51C 45g RDX BH. Hasilnya cukup memuaskan, dengan kemampuan shaped charge mampu menembus concrete target dan diameter lubang yang dihasilkan di casing pipa. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888