Pages

Monday, August 12, 2013

Dari Berjualan Es Hingga Kursi Direktur

Budi Antono, Direktur Operasi PT DAHANA (Persero), “turun gunung” menyambangi sekolah almaternya dulu, SMA Negeri 1 Purwokerto. Kunjungan Budi ke bekas sekolahnya tersebut merupakan bagian dari Gerakan Direksi Mengajar yang digagas Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan.


Gerakan inspiratif yang bertepatan pada Hari Kebangkitan Nasional ini serentak dilakukan oleh direksi BUMN di seluruh Indonesia pada Senin (20/05/2013). Para direksi ini umumnya memilih sekolah almamaternya dulu, termasuk Budi.

Meski bukan sosok guru, pria asli Purwokerto ini dengan mudah mengambil hati para siswa yang pertamakali bertatap muka dengannya. Dimulai pukul 09.00, Budi mengawali kelasnya dengan beberapa kisah lucu yang mengundang tawa anak didik “dadakanya”.

Suasana hidup berlanjut dengan Beberapa kisah inspiratif kehidupannya yang ditularkannya kepada para siswa yang hadir memenuhi aula. Tak hanya membagi motivasi, Budi juga mengajarkan pemahaman seputar dunia kerja, keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan pentingnya fokus dalam mengejar sesuatu.

“Saat SMA kelas satu dulu berjualan es dan membantu orang tua menyetrika pakaian dan belanja ke pasar. Kalau yang sekolah sambil jualan es dan membantu orang tua saja bisa jadi direktur, siswa-siswi disini yang tugasnya hanya fokus belajar saja harusnya bisa jadi menteri atau lebih dari direktur,” kisahnya disambut antusiasme siswa.

Selain bertanya beberapa rahasia dibalik kesuksesannya, beberapa siswa mengajukan pertanyaan menarik terkait PT DAHANA (Persero). Seperti siswa yang bertanya bagaimana kerusakan lingkungan dari aktivitas pertambangan dengan peledakan.  Hingga pertanyaan kritis “Apa yang sudah diberikan Budi Antono kepada SMA 1 Purwokerto saat sukses seperti sekarang ini.
Di penghujung, Budi menguak rahasia pribadinya. “Kalau saya lihat SMA1 Puwokerto dari waktu ke waktu film-nya selalu tetap yaitu …disini cinta pertama kali bersemi…,” selorohnya yang disambut gelak tawa yang hadir. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888