Pages

Tuesday, July 16, 2013

On Site Plant (OSP) Continuous Hadir Menjawab Tantangan

Tanjung Tabalong, 8 Juli 2013 – Bahan peledak jenis emulsi semakin diminati di sektor pertambangan Indonesia.
Dengan berbekal pengalaman memproduksi bahan peledak sejak akhir 1990an dan didukung oleh para engineer mumpuni serta teknologi terbaru, PT DAHANA (Persero) yang memiliki Kantor Pusat di Subang Jawa Barat ini mendirikan On Site Plant (OSP) dengan Continuous System di lokasi tambang batubara milik PT Adaro Indonesia, Tanjung Tabalong Kalimantan Selatan.

OSP Continuous tersebut diresmikan oleh Marsekal Pertama Darlis Pangaribuan selaku Direktur Teknologi Industri, Kementerian Pertahanan RI bersama dengan Bupati Tanjung Tabalong serta pejabat Kementerian Perindustrian dan dihadiri oleh pejabat dari PT Adaro Indonesia serta mitra kerja Dahana lainnya pada Senin, 8 Juli 2013 di lokasi tambang Adaro, Tanjung Tabalong.
Menurut F. Harry Sampurno, Direktur Utama DAHANA, OSP ini merupakan pabrik ketujuh yang dibangun oleh DAHANA dan 6 diantaranya sudah berproduksi diberbagai tempat di wilayah Indonesia. OSP ini merupakan bukti kemampuan anak bangsa yang selama ini dianggap remeh oleh para pemain asing yang menguasai sektor pertambangan besar di Indonesia. “Pengembangan OSP Continuous ini dilakukan berdasarkan kebutuhan konsumen dan tren penggunaan bahan peledak saat ini” tuturnya.  “Pabrik baru ini didedikasikan untuk kemajuan pertambangan Indonesia dan menjadi bukti bahwa Dahana selalu menjaga kualitas produk dengan standar tertinggi dan melakukan inovasi untuk memberikan solusi terbaik bagi para pelanggannya,” tambahnya.
Selain sistem Continuous, keunggulan OSP ini terletak pada teknologi Non-Moving Part Mixer yang sudah dipatenkan oleh Dahana dalam usaha meningkatkan keselamatan dan keamanan proses produksi. Teknologi baru ini memecahkan tantangan teknologi saat ini, yang menggunakan “part” yang bergerak seperti mixer sentrifugal 3.000 rpm atau ribbon mixer 120 rpm yang masih memiliki potensi risiko ledakan.
Bicara inovasi, Dahana boleh berbangga diri karena dalam kurun waktu lima tahun terakhir, DAHANA telah mengembangkan kemampuan di bidang teknologi bahan peledak dan mendaftarkan patennya seperti bahan peledak jenis water-based emulsion yang  bersifat tahan air, selongsong bahan peledak untuk seismik dan juga pengembangan Mobile Mixing Unit Truck secara mandiri.
Dengan pembangunan budaya inovasi dan transformasi perusahaan sejak tahun 2003, pantaslah DAHANA mendapatkan penghargaan I4I (Innovation for Indonesia) yang digelar baru-baru ini oleh i-Tech dalam rangka memeriahkan BUMN innovation Expo and Award 2013. Tidak tanggung-tanggung DAHANA memperoleh 3 penghargaan sebagai the best product of manufacturing sector, the best product of green technology, dan the best corporate innovation culture.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888