Pages

Tuesday, November 27, 2012

Ratusan Karyawan Dahana Jalani Pemeriksaan Kesehatan


Blog Dahana, Ratusan Karyawan PT Dahana (Persero) melakukan Medical Chek Up (MCU)  secara bersama. Karyawan Dahana yang tediri dari pegawai tetap dan karyawan kontrak ini wajib menjalani pemeriksaan kesehatan, hal ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi sejak dini kesehatan karyawan.
Dedy Kusnaedi bagian PSDM dan organisasi memaparkan bahwa program MCU merupakan sebuah keharusan perusahaan karena sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per.02/Men/1980 pasal 3.

“MCU ini  biasa kita lakukan satu tahun sekali, sebagai upaya mendeteksi sejak dini terhadap kondisi kesehatan karyawan”, ungkapnya
Tidak lebih dari 289 orang karyawan Dahana, baik yang berkantor di Subang, Tasikmalaya dan Jakarta yang menjalani pemeriksaan kesehatan. MCU yang dilakukan di Tasikmalaya dan Jakarta dilaksanakan secara serempak pada Rabu (21/11). Sedangkan Medical Chek Up yang dilakukan di Dahana Subang dilakukan pada Kamis (22/11) di Gedung Bale Dahana. Seluruh karyawan yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan minum dimulai dari jam 10 malam sampai pada pemeriksaan, dikarenakan hampir seluruh karyawan menjalani pemeriksaan darah dan urine. Selain itu pemeriksaan kesehatan ini mencakup pemeriksaan fisik, X Ray, Audio, EKG dan Autopirometry.
Setiap karyawan akan berbeda dalam hal pemeriksaannya, tergantung umur dan tempat kerjanya. Semisal bila karyawan yang biasa berurusan dengan peledakan, maka pada saat pemeriksaannya akan menjalani tes audio untuk memeriksa kesehatan pendengarannya.  Dan tidak semua karyawan menjalani pemeriksaan ini.
Tomi Zaelani, karyawan kontrak yang bekerja  pabrik Nonel ini mengaku bahwa pemeriksaan kali ini merupakan yang kedua kalinya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemeriksaan kali ini tidak ada pemeriksaan kesehatan telinga. “Kalau tahun kemarin ada tes audio, sekarang mah tidak ada” katanya.
Dokter Adi Gail, dokter yang bertugas menangani kesehatan karyawan di Dahana mengatakan bahwa MCU ini sangat penting bagi perusahaan, karena perusahaan akan mengetahui tingkat kesehatan karyawannya. Bila ada karyawan yang kesehatannya kurang baik, maka setidaknya karyawan bisa segera teratasi untuk menjalani pengobatan, baik itu pengobatan alternatif atau merubah gaya hidup. “Jika karyawannya sehat maka perusahaan itu sehat” kata dokter Adi Gail Kepada Dfile. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888