Pages

Tuesday, November 27, 2012

Dahana Garap Tunneling Waduk Jatigede


                     Blog Dahana, Butuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Sumedang menuju lokasi proyek, hamparan perbukitan gersang yang berada di kanan kiri jalan menjadi pemandangan sepanjang menyusuri jalanan menuju lokasi proyek kali ini, musim hujan memang telah datang sebulan lalu,  namun  wilayah  ujung Timur Kabupaten  Sumedang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka ini masih dilanda kemarau panjang.


Di   tempat   itulah   kini   sedang   dibangun   Waduk   Jatigede,   selain   untuk kebutuhan   irigasi   di   4   Kabupaten,   yakni   Majalengka,   Sumedang,   Cirebon,   dan Indramayu, danau buatan ini rencananya akan difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),  serta objek wisata ke depannya.

PT Dahana (Persero) ikut mengerjakan proyek yang didanai melalui pinjaman lunak   Pemerintah   Cina   tersebut,   perusahaan   handak   plat   merah   ini   kebagian menggarap   Tunneling   Project   (Terowongan)   untuk   mengalirkan   air   dari   Sungai Cimanuk yang berhulu di Kabupaten Garut ini ke Waduk Jatigede.

Digulirkan  sejak  tahun  2006,  danau  buatan  yang  diproyeksikan  menjadi waduk terbesar di Asia Tenggara ini kini memasuki tahap akhir konstruksi. Menurut Wisnu Setyoadji, Koordinator Site Jatigede, keikutsertaan Dahana merupakan bagian dari program sinergi BUMN dalam berbagai proyek infrastruktur pemerintah.

Ada 4 perusahaan BUMN konstruksi yang tergabung dalam konsorsium pengerjaan proyek tersebut, yaitu PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya, PT Pembangunan Perumahan, dan PT Waskita Karya.

Dalam proyek ini sendiri, PT Dahana menjadi subkontraktor 2 proyek sekaligus, yakni kuari dan tunneling yang dikerjakan PT Waskita Karya. Tunneling sepanjang 520 meter, dengan diameter tengah 14 meter dikerjakan PT Dahana dalam waktu  20  bulan,  yang  artinya  PT  Dahana  menyelesaikan  proyek  tunneling  sesuai tenggat waktu yang ditentukan kontraktor pelaksana.

Untuk mendukung proyek tersebut, Tim blasting Dahana dilakukan oleh 15 orang yang setengahnya merupakan penduduk lokal Jatigede. Blasting untuk tunneling sendiri merupakan pekerjaan paling rumit dalam proyek pembangunan waduk yang menenggelamkan lima kecamatan ini.

Dikatakan Wisnu, sebelum dilakukan blasting dan drilling pada lubang peledakan, tim geologi dari Departemen Pekerjaan Umum memerikasa kondisi geologi di  lokasi  proyek  terowongan.  Memeriksa  struktur  lapisan  batuan  dari  atas  hingga bawah untuk mengetahui kelayakan untuk proses peledakan serta pola peledakan yang akan dipakai.


Masih menurut Wisnu, jika tak ada palung dan struktur batuannya lunak, maka digunakan blasting mekanis, sementara untuk temuan batuan keras, maka diperlukan blasting non mekanis dengan sedikit modifikasi.

Proses pengerjaan tunneling yang dilakukan Dahana tak hanya menyediakan bahan peledak namun juga semua jasa handak dan pendukungnya yang meliputi drilling, loading, blasting, hauling, dan supporting. Bahan peledak yang dipakai adalah Dayagel Magnum dengan panjang 30 cm dan berat 200 gram dengan beberapa modifikasi yang menyesuaikan kondisi batuan dan tanah basah.

Menurut pria yang sudah bertugas di Jatigede sejak 4 tahun lalu ini, kesulitan terbesar selama proses tunneling berlangsung yakni struktur tanah perbukitan di Jatigede yang labil, sehingga sering terjadi sliding (longsoran tanah) ketika proses blasting berlangsung.

Namun, meski pengerjaan yang dilakukan PT Dahana telah sesuai target yang ditetapkan, sempat terjadi beberapa insiden selama berlangsungnya pengerjaan tunneling, terutama yang berkaitan dengan safety. Kondisi batuan yang labil memunculkan batuan yang rawan jatuh.  Namun dengan keahlian khusus dan sedikit modifikasi pola peledakan, kondisi tersebut tak menjadi masalah berarti selama pengerjaan, baik dari segi keamanan, efisiensi peledakan, dan waktu. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888