Pages

Monday, July 16, 2012

Menteri BUMN Kunjungi Energetic Material Center Dahana


Menindaklanjuti kunjungan kerja ke PT DAHANA Tasikmalaya pada medio Juni lalu, Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan, akhirnnya secara khusus berkesempatan meninjau langsung Energetic Material Center (EMC) milik PT DAHANA yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.  Acara yang dilaksanakan pada Minggu,  15 Juli 2012 ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Menteri BUMN di kabupaten Subang.


Menteri BUMN beserta rombongan tiba selepas subuh dan diterima oleh Direktur Utama PT DAHANA, Tanto Dirgantoro, beserta jajaran direksi di Gedung Sekretariat KAMPUS DAHANA. Kunjungan di pagi hari itu pun diawali dengan paparan maket EMC oleh Tanto Dirgantoro. Acara berlanjut dengan sarapan berbagai aneka hidangan khas Subang setelah lelah berjalan kaki mengelilingi areal perkantoran KAMPUS DAHANA.
Sebelum meninggalkan EMC, dengan menaiki kendaraan terbuka, mantan Dirut PLN ini menyempatkan diri mengelilingi EMC PT DAHANA. Sebagaimana diketahui, proyek pembangunan EMC ini telah rampung pada Juli 2012 ini.  Di komplek seluas hampir 600 hektar ini berdiri perkantoran, pabrik, gudang, workshop, zona nursery, laboratorium bahan peledak dan pengembangannya yang terintegrasi. 

KAMPUS DAHANA merupakan bagian dari EMC yang mencakup sebagai pusat penelitian dan pengembangan, produksi dan pergudangan bahan berenergi tinggi terlengkap se-ASEAN, baik untuk kebutuhan komersial maupun pertahanan.  Dengan konsep pembangunan berbasis lingkungan, KAMPUS DAHANA sendiri telah meraih sertifikat “green building” dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Gedung ini telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh GBCI terkait pemenuhan standar green concept seperti standar tahan gempa, keamanan untuk kebakaran gedung, aksesibilitas penyandang cacat.    Adapun fasilitas EMC yang mendukung green concept adalah Land Efficient, Energy Efficient, Water local & environmental friendly material, dan healthy indoor air.  Dengan begitu, EMC yang peletakan batu pertamanya oleh Menteri Pertahanan RI pada 4 Desember 2010 lalu ini siap menjadi kebanggan bangsa dengan mengusung semangat keberpihakan kepada pelestarian alam dan lingkungan sekitarnya.
Menurut Sekretaris Perusahaan PT DAHANA, Asep Maskandar, kedatangan Menteri Dahlan Iskan yang pertamakalinya ke EMC Subang ini, secara khusus untuk mengunjungi PT DAHANA secara langsung, dan melihat pencapaian BUMN handak ini dalam pembangunan proyek EMC Subang. “Setelah pembangunan EMC, pak menteri berpesan untuk terus meningkatkan kualitas Dahana tanpa henti”, ujarnya.


No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888