Pages

Thursday, May 24, 2012

Jalin Sinergi Antar BUMN


Jalin Sinergi Antar BUMN,
Pupuk Kaltim Gandeng Dahana dan Petrokimia Gresik Bangun Pabrik


PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggandeng dua BUMN, yaitu PT Dahana dan PT Petrokimia Gresik, bersinergi untuk membangun pabrik yang memproduksi bahan baku pupuk majemuk NPK, di Bontang, Kaltim, guna mengurangi ketergantungan impor.

Dirut PKT Aas Asikin Idat di Jakarta, Jumat (11/5), menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan PT Dahana untuk membangun pabrik amonium nitrat dan dengan PT Petrokimia Gresik (Petrogres) untuk membangun pabrik ZA.


Sinergi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada Jumat, 11 Mei 2012 oleh Dirut Pupuk Kaltim Aas Asikin Idat, Dirut PT Petrokimia Gresik, Hidayat Nyakman serta Dirut PT Dahana, Tanto Dirgantoro, bertempat di gedung PT Pupuk Indonesia Holding Company dan disaksikan oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Arifin Tasrif.

"Kapasitas kedua pabrik tersebut direncanakan masing-masing sebesar 300 ribu ton per tahun," ujarnya seusai acara penandatanganan MoU.  “Pabrik ini diperkirakan mulai operasi 2016,” ujar Aas.

PKT dan PT Dahana akan menyusun studi kelayakan pembangunan pabrik amonium nitrat dan mendirikan perusahaan patungan untuk mengelola pabrik tersebut.

"Pabrik amonium nitrat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan baku peledak untuk kebutuhan pertambangan di pasar dalam negeri, khususnya di Kalimantan Timur," katanya.
Petrogres, lanjut Aas, akan memberi bimbingan teknis dalam proses rekayasa, pemanfaatan sumber daya manusia untuk rancang bangun pabrik ZA dan NPK, serta menjadi offtaker (pembeli) untuk produk ZA. Investasi kedua pabrik tersebut akan didanai dari modal pabrik pupuk sendiri. Investasi pabrik amonium nitrat mencapai sekitar US$200 juta-US$250 juta.

Sementara itu, Direktur Utama PT DAHANA Tanto Dirgantoro mengatakan bahwa proyek pembangunan pabrik amonium nitrat ini prosesnya telah lama.  Selain untuk keperluan komersil, produk yang dihasilkan nantinya dapat mendukung pengembangan alutsista nasional.  “Pembangunan pabrik ini akan berkontribusi besar terhadap kemandirian handak Indonesia,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, amonium nitrat merupakan bahan aditif pupuk yang bermanfaat bagi tanaman holtikultura dan aman bagi lingkungan.  Bahan kimia ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi bahan baku bahak peledak. 

PT Dahana menggunakan amonium nitrat ini sebagai bahan baku bagi produk-produk bahan peledak untuk konsumsi pertambangan yang tersebar di Indonesia, terutama di Kalimantan.  Bahkan, beberapa produk handak hasil pengembangan Dahana, seperti produk bahan peledak jenis dayagel, shapedcharges, dan detonator non listrik sudah diekspor ke mancanegara. (berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888