Pages

Thursday, April 5, 2012

“Mempertajam Layanan untuk Kepuasan Konsumen”


Wawancara
GM Divisi Tambang Umum
Bambang Agung

PT DAHANA (Persero) terus mengepakkan sayap usahanya di Kalimantan.  Jasa Down The Hole (DTH) menjadi andalan untuk melayani pasar peledakan di industri batubara yang tersebar di Pulau Borneo ini.  Salah satu project yang sedang digarap adalah site yang berlokasi di Tenggarong.  Satu unit Mobile Mixing Unit (MMU) baru telah diberangkatkan untuk memperkuat layanan di sana. 

Bicara pengembangan usaha di sektor pertambangan umum ini, kita simak wawancara khusus dengan General Manager Divisi Tambang Umum 1 Bambang Agung.


Bisa diceritakan Lini Usaha Divisi Tambang Umum yang bapak pegang?
Pembagian divisi di Dahana sekarang ada empat.  Divisi Tambang Umum 1 dan 2, Divisi Kuari dan Konstruksi dan Divisi Minyak dan Gas.  Nah, Divisi yang saya pegang sekarang Divisi Tambang Umum 1 yang melayani peledakan dan jasa terkait yang sebagian besar ada di pertambangan batubara, emas dan nikel.

Baru-baru ini, Divisi Tambang Umum dapat tambahan amunisi berupa satu unit MMU.  Bagaimana pendapat bapak dengan tambahan ini?
Tentunya kami menyambut baik dengan kehadiran satu unit MMU baru ini.  Ini tandanya manajemen aware bahwa sekarang era modernisasi alat produksi untuk mendukung menjadi service provider yang handal.

Bagaimana pembinaan personil yang ada di bawah bapak?
Banyak hal yang kami lakukan untuk membina personil kami supaya berkinerja optimal.  Salah satunya pada saat seremonial kemarin di Kantor Pusat Tasikmalaya.  Kami menghadirkan teman-teman operator yang merupakan user langsung pengguna MMU.  Kehadiran mereka supaya menumbuhkan sense of belonging terhadap aset  perusahaan.

Kesannya baik sekali, mereka sangat senang dapat bertemu dengan Direktur Utama yang tidak semua karyawan site dapat bertemu dan bersalaman langsung. 

Kami juga membekali mereka dengan pelatihan.  Misalnya saja, karyawan di posisi operator kami ajak ke tempat pelatihan operator di Bekasi.  Tahap satu sudah dilaksanakan pada Januari lalu, sedangkan tahap dua akan dilaksanakan pada Mei 2012 nanti. 

Dalam ilmu marketing ada istilah 7Ps yang terdiri dari Product-Price-Place-Promotion-People-Process dan Physical Evidance, faktor people menjadi perhatian dan tersendiri bagi kami.  Kami menyadari faktor manusianya sangat penting untuk kemajuan perusahaan ini.

Bagaimana bapak melihat sejarah penggunaan MMU di Dahana?
Saya mengibaratkan seperti kepompong yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang cantik.  Dahulu kami memulainya dari truk bekas dengan modifikasi tim Dahana.  Setelah mengalami masa percobaan, akhirnya kami bisa memperbaiki dan mendesain dengan lebih sempurna.

Hal yang penting dari proses ini adalah kami dapat membuktikan kepercayaan dari pihak klien.  Terutama pada saat kami memulai menggunakan MMU di sektor pertambangan umum.  Akhirnya, kami dapat menjawab tantangan tersebut.  Sekarang, tidak lagi bekas tapi baru.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888