Pages

Tuesday, March 31, 2020

Kesan Mendalam Peserta PMMB DAHANA

Bisa mengikuti program magang di perusahaan besar seperti BUMN tentu merupakan pengalaman berharga bagi setiap orang. Seperti halnya yang dirasakan mahasiswa-mahasiswa peserta Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) Batch II 2019 di PT DAHANA (Persero).
Hal ini seperti dirasakan oleh Arry Nurhidayat, peserta PMMB Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya ini menceritakan pengalamannya selama mengikuti PMMB di DAHANA dan ditempatkan di Site Project ABN, Kalimantan Timur.

"Saya sangat senang di mana saya bisa terjun langsung bagaimana cara menghancurkan batuan atau overburden dengan cara peledakan yang dilakukan Dahana di pertambangan Batu bara. Saya sangat berterima kasih dengan pengalaman dan kesempatan yang diberikan. Di sini saya belajar bagaimana kita bekerja secara team work dan bekerja dengan teliti, karena kita bekerja di tempat yang berbahaya jadi harus sesuai dengan peraturan," tutur Arry.

Hal senada juga disampaikan oleh Nuraini Tias Kumala, mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Jurusan Ilmu Komunikasi. Ditempatkan di Bagian Legal dan Komunikasi Perusahaan selama magang di DAHANA, membuat dirinya mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak diajarkan dikampus pada saat kuliah.

"Banyak hal positif yang saya dapatkan selama mengikuti magang di DAHANA, seperti belajar bertanggung jawab menyelenggarakan acara yang perusahaan adakan.  Lalu berinteraksi dengan berbagai pihak dengan latar belakang dan usia yang bermacam-macam. Ini merupakan modal yang berharga untuk masa depan saya,” ungkap Tias Kumala.

Lain halnya dengan Nur Widya Ningsih, mahasiswi jurusan Akuntansi dari Universitas Bina Sarana Informatika Cengkareng. Selama ditempatkan di Kantor DAHANA Jakarta, Widya setiap hari pulang pergi menggunakan KRL dari kediamanya menuju kantor.

"Dari rumah menuju kantor itu butuh perjuangan banget, setiap hari naik KRL bahkan beberapa kali harus rela ketinggalan kereta. Tapi diluar hal itu, sebanding hasilnya dengan apa yang aku dapat selama magang di Divisi Migas DAHANA. Selama magang di DAHANA saya diajarkan bagaimana cara menginput data penerimaan pembayaran kedalam sistem, membuat tanda terima dokumen tagihan, verifikasi dokumen tagihan dan lain lain. Pesan saya buat teman-teman magang lainnya, jangan pernah malas untuk bertanya, gali ilmu sebanyak-banyaknya karena kesempatan tidak datang dua kali," ujar Widya.

Begitu pula dengan yang dirasakan oleh M.Yuga Firdan Irawan, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis Universitas Subang yang ditempatkan di unit PSDM & Organisasi PT DAHANA (Persero).

"Suatu pengalaman yang luar biasa dapat mengikuti program magang di DAHANA. Bicara soal kesan, banyak sekali kesan selama magang, karena 6 bulan bukanlah waktu yang sebentar. Kekeluargaan, pertemanan dan kerjasama tim dapat saya  rasakan selama magang. Banyak juga ilmu dan pelajaran yang saya dapat seperti disiplin waktu, kepercayaan dan tanggung jawab atas tugas. Saya merasa terhormat bisa magang di PT DAHANA (Persero).  Semoga kedepannya PT Dahana menjadi industri bahan peledak yang terbaik. Serving the nation better," harap Yuga.

Sebagaimana diketahui, masa magang PMMB Batch II 2019 ini berakhir pada 31 Maret 2020.  Sebanyak 19 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggai mengikuti program yang digagas Kementerian BUMN ini selama enam bulan di Dahana.  Mereka bertugas tersebar di Kantor Pusat Subang, Kantor Pemasaran Jakarta dan Site Project. (rmt)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888