Pages

Thursday, September 15, 2016

Personil KIZI JIHANDAK TNI-AD ‘Ngampus’ di DAHANA



Halaman parkir kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero) di Subang, terpakir dua buah mobil berwarna hijau tua, di kaca depan mobilnya tertulis “Kizi Jihandak”. Inilah mobil yang biasa digunakan oleh personil khusus TNI Angkatan Darat yang bertugas melakukan penjinakan bahan peledak.
Mobil tersebut nampak parkir selama tiga hari di halaman Kampus DAHANA. Ternyata ada 16 personil Kompi Zeni (Kizi) Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) TNI-AD yang tengah ‘ngampus’ di gedung Diklat DAHANA.

Menurut keterangan, personil AD yang memiliki keahlian menjinakan bahan peledak ini mulai berada di Kampus DAHANA sejak tanggal 6 – 8 September 2016. Lerick, salah seorang anggota TNI AD yang ikut serta dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa kedatangannya ke DAHANA dalam rangka meningkatakan kemampuan personil serta ‘berguru’ mengenai bahan peledak komersil yang diciptakan oleh DAHANA dan biasa digunakan di dunia tambang.

“Kita biasanya bersentuhan dengan bahan peledak militer. Untuk meningkatkan kemampuan, kami perlu juga mempelajari bagaimana cara pemakaian dan penanganan bahan peledak komersil,” terang Lerick yang berpangkat Letnan.

Selama di DAHANA, mereka mendapat pembekalan pengetahuan mulai dari pengenalan bahan peledak DAHANA, dan handak komersil lainnya. Diberi pengetahuan cara perangkaian peledakan, pengecekan detonasi, geometeri peledakan serta perhitungan bahan peledak dalam peledakan pertambangan, serta pengenalan pengeboran lubang tambang.

Tiga hari ngampus di DAHANA, tidak lantas para penjinak bom ini puas dengan apa yang dipelajari di ruangan. Kedepan, harapannya untuk mampu menggunakan bahan peledak komersil, Lerick menginginkan ikut terlibat praktek lapangan dalam peledakan di tambang.

“Kali ini kita banyak pembahasan di ruangan, kedepan kita menginginkan ikut terlibat praktek langsung peledakan di tambang. Terasa kurang saja, jika belum praktek kelapangan,” ujar Lerick.

Lerick pun mengatakan, ada kemungkinan timnya akan sering berkoordinasi dengan DAHANA, selain mengenai pengetahuan bahan peledak komersil, personil Kizi Jihandak ini tengah dipersiapkan menjadi tenaga ahli yang akan diikutsertakan dalam proyek peledakan dalam pembuatan bunker kapal selam.

“Kedepan rencananya tenaga ahli di Kizi Jihandak akan ikut serta dalam pembuatan bunker kapal selam, karenanya perlu penambahan pengetahuan juga tentang handak komersil,” terang Lerick. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888