Pages

Saturday, September 10, 2016

Mencari Pengalaman dengan Melakukan Pekerjaan Lain


IRMA SELISWATI

Terlahir di tanah Sunda, ibunya berasal dari Cianjur sedangkan ayahnya berasal dari Sukabumi. Masa kecilnya ia habiskan di kota penghasil ‘Tauco’. Ketika memasuki bangku SMA ia akhirnya ikut hijrah bersama orang tuanya ke Kalimantan Timur.

Dengan berbekal Ijazah SMK Jurusan Keuangan, ia akhirnya bergabung menjadi salah satu keluarga besar PT DAHANA (Persero).   Irma Seliswati, biasa ia dipanggil, bertugas mengurus administrasi di Site Tanito, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pada 2010, Irma mulai bekerja di DAHANA menjadi Karyawan Proyek Permanen (KPP). Mendapat kesempatan bekerja di DAHANA, tidak lantas menghentikan langkahnya untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Setelah mendapat lampu hijau dari atasannya, Irma pun akhirnya mulai membagi sisa waktu kerjanya dengan menjadi mahasiswa ekonomi di Universitas Kutai Kartanegara. Dan akhirnya pada 2014 gelar sarjana ekonomi pun disandangnya.

Dalam melakukan pekerjaan, menurut Irma, banyak hal yang dapat dipelajari, tidak hanya soal fokus mempelajari dan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugas pokok diri sendiri. Dengan melakukan pekerjaan lainnya akan memberi pengetahuan dan pengalaman bagi diri sendiri.
“Saya sangat suka mempelajari pekerjaan lainnya, selain mengurus admin di site.  Saya mendapat banyak kesempatan untuk belajar dan pengalaman melakukan pekerjaan lain,” kata ibu dari Muhammad Rafanda Athari yang masih berusia 3 tahun ini.

Selain mengerjakan administrasi di Site HPU - PDU Tanito Harum, ternyata Irma sering melakukan pekerjaan dari site lainnya bahkan dari divisi lain yang berada di Tenggarong, seperti pengurusan BPJS dan pengurusan dokumen perijinan.

“Suka saja jika dibutuhkan untuk membantu melakukan pekerjaan lain selain mengurus Site Tanito. Ini juga kan menambah pengalaman,  jadi saya tahu bagaimana mengurus perijinan atau lainnya,” ungkap Irma.

Meski melakukan tugas atau pekerjaan lain, Irma berusaha untuk tidak melalaikan pekerjaan dan tugasnya di Site Tanito. Kepiawainnya mengatur dan membagi waktu dalam pekerjaan menjadikan dirinya mampu mengatur waktu sebagai karyawati, istri, ibu dan juga seorang pebisnis.

Ternyata,  wanita yang hobi belanja ini memiliki sampingan sebagai pemilik butik pakaian muslimah, ia namai butiknya dengan nama Irma Fashion. Bisnisnya ini baru dilakoni selama satu tahun, namun sudah mulai mendulang hasil.
“Alhamdulillah, suami, orang tua, rekan kerja pada mendukung semua,” kata Irma.

Dengan kebiasannya melakukan pekerjaan lain akhirnya ia banyak bertemu dengan banyak orang dan juga bisa membangun relasi, memudahkannya dalam melaksanakan pekerjaan. Dan ini pun menjadi kesempatan baginya sekaligus mempromosikan butiknya.

“Karena sering ngurus-ngurus pekerjaan lain, saya jadi banyak kenalan dan relasi, kadang saya promosiin juga butik saya,” kata Irma sambil tertawa. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888