Pages

Friday, January 15, 2016

Incar Proyek Pembangkit Listrik Hingga Jalan Tol



General Manager Divisi Kuari dan Konstruksi DAHANA, Asep Maskandar mengungkapkan, sejumlah pengalaman di proyek konstruksi dan kuari di banyak sektor infrastruktur yang berhasil dengan memuaskan jadi modal DAHANA bersaing di pembangunan infrastruktur domestik.

“Mulai tahun 2016 ini, sektor konstruksi akan booming dan utamanya di pembangunan infrasruktur akan menggunakan jasa peledakan lebih banyak lagi. Proyek ini diantaranya jalan tol, waduk, dan pelabuhan,” tutur Asep.
Tak tanggung-tanggung, divisi yang dipimpinnya bahkan menargetkan bisa menggarap 10 proyek di awal tahun. Sebagian besar masih berfokus menyasar penambahan pembangkit yang dicanangkan bisa bertambah menjadi 35.000 megawatt (MW) hingga 2019.
“Tahun ini akan ada puluhan proyek baru yang akan dimulai pekerjaannya, dan kami optimis dapat meraih paling sedikit 10 proyek baru di tahun 2016 ini, baik proyek besar maupun kecil. Terutama proyek – proyek yang mendukung pengadaan 35.000 MW kelistrikan,” katanya.
Infrastruktur pembangkit yang berhasil dirampungkan DAHANA baru-baru ini adalah PLTU Banten berkapasitas 1x660 MW. Dalam proyek yang berlokasi di Desa Salira, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang tersebut, DAHANA mengerjakan peledakan bukit untuk perluasan unit pembangkit.
Selain sukses ‘memindahkan bukit’, DAHANA juga menepis kekhawatiran masyarakat sekitar akan dampak peledakan di Pantai Salira. Dengan pengalamnnya, perusahaan yang lahir Tasiklmaya ini menggunakan tekhnik peledakan yang meminimalkan dampak negatif dinamit, seperti getaran, hingga batu terbang.
“Oleh karena sifat dari proyek konstruksi ( infrastruktur ) ini memerlukan keahlian khusus dalam pengerjaannya, maka peluang DAHANA sangat besar untuk meraihnya. Ditambah lagi dengan penggunaan teknologi bahan peledak terkini, seperti non-elektrik (nonel) yang sangat membantu dalam pelaksanaan peledakan yang ramah lingkungan,” terang pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris Perusahaan ini.
Selain proyek pembangkit, sambung Asep, pihaknya juga mengincar jasa peledakan dalam pembangunan ruas tol Trans Sumatra. Saat ini, diakui Asep, divisinya sudah mengantongi kontrak dari BUMN karya yang mengerjakan jalan tol tersebut.
“Awal tahun ini kami sudah dapat penunjukan untuk pengerjaan peledakan di proyek tol Trans Sumatera. Proyek  ini termasuk besar dan prestise buat DAHANA karena kita bersama-sama dengan BUMN karya yang mengerjakannya,” ungkap Asep.
Dia melanjutkan, proyek lain yang sebenarnya belum banyak digarap perusahaan adalah sektor domolisi (penghancuran gedung). Meski tergolong pemain baru, beberapa permintaan demolisi bisa dikerjakan dengan sangat baik oleh Divisi Kuari dan Konstruksi DAHANA. Seperti yang terjadi dalam penghancuran pabrik semen Holcim di Cilacap, Jawa Tengah.
“Dengan sedikit inovasi penggunaan bahan peledak yang dipakai, operasi meratakan silo pabrik semen bisa dilakukan hampir tanpa cela. Namun, bukan berarti DAHANA tidak menemui kesulitan dalam proyek tersebut, perencanaan tingkat kesulitan di awal dengan memperhitungkan kerapatan, struktur tulang, dan titik pengeboran, jadi kunci sukses DAHANA di proyek itu,” papar Asep.
Asep melanjutkan, inovasi dan pengembangan aplikasi bahan peledakan juga yang jadi kunci keberhasilan DAHANA di proyek waduk terbesar di Asia Tenggara, Bendungan Jatigede. “Kesulitan terbesar selama proses tunneling berlangsung adalah struktur tanah perbukitan di Jatigede yang labil, sehingga sering terjadi sliding (longsoran tanah) ketika proses blasting berlangsung,” ungkap Asep.
Dalam proyek Waduk Jatigede, PT Dahana menjadi subkontraktor 2 proyek sekaligus, yakni kuari dan tunneling yang dikerjakan PT Waskita Karya. Tunneling sepanjang 520 meter, dengan diameter tengah 14 meter dikerjakan PT Dahana dalam waktu  20  bulan,  yang  artinya  PT  Dahana  menyelesaikan  proyek  tunneling  sesuai tenggat waktu yang ditentukan kontraktor pelaksana.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888