Pages

Tuesday, January 12, 2016

Dirut Dahana Menjadi Anggota Komite Eksekutif Konsolidasi BUMN Pertambangan



Di kabarkan pada Jum’at, 8 Januari 2016, bertempat di aula lantai 21 gedung Kementerian BUMN telah dilaksanakan penandatangan kerjasama empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor pertambangan untuk menyepakati rencana kerjasama strategis tentang upaya sinergi atas pemanfaatan sumber daya yang dimiliki.  Keempat perusahaan tersebut adalah PT Aneka Tambang (Persero) Tbk  (Antam), PT Bukit Asam (Persero) Tbk (BA), PT Timah (Persero) Tbk dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum).


Beberapa media menuliskan pernyataan menteri BUMN Rini M Soemarno bahwa kesepakatan kerja sama yang ditandatangani oleh empat BUMN ini adalah langkah awal menuju konsolidasi usaha dalam arti sesungguhnya yang akan dikaji oleh komite yang disebut Komite Konsolidasi BUMN Pertambangan. Komite ini telah dibentuk oleh Menteri BUMN melalui Keputusan Nomor SK-250/MBU/12/2015 tanggal 14 Desember 2015. Selain koordinasi, mengkaji dan merumuskan berbagai kerja sama dan sinergi bisnis yang mungkin dapat dilakukan oleh empat BUMN, komite juga diberi tugas untuk mempersiapkan konsolidasi BUMN Pertambangan dalam Holding Company.

Adapun Komite Konsolidasi BUMN Pertambangan terdiri dari Komite Pengawas, Komite Eksekutif dan Sekretariat Komite. Komite Pengawas beranggotakan Menteri BUMN dan beberapa pejabat Eselon I terkait. Sedangkan Komite Eksekutif beranggotakan para Direktur Utama BUMN yang melakukan kesepakatan kerja sama sebagaimana tersebut di atas, ditambah beberapa Direktur dari BUMN yang bisnisnya terkait. Satu diantaranya, BUMN yang ikut serta ditunjuk menjadi anggota Komite Eksekutif yaitu Direktur Utama perusahaan penghasil bahan peledak tambang PT DAHANA (Persero), Budi Antono.

“Sementara itu, Komite Eksekutif beranggotakan para Direktur Utama (Dirut) BUMN yakni Dirut PT Antam, Dirut PT Bukit Asam, PT Timah, dan PT Inalum, ditambah sejumlah Direktur BUMN terkait yaitu Direktur PT Telkom, Direktur PT Dahana,” kutip dari Kompas.Com pada 8 Januari 2016.

Sedangkan untuk Komite Eksekutif diketuai oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media, F. Harry Sampurno, yang sebelumnya pernah juga menjabat sebagai Dirut PT DAHANA (Persero), dan Wakil Ketua Komite Eksekutif dijabat oleh Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.  (SYA/*)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888