Pages

Friday, December 4, 2015

Penasaran, ASHRAE POLBAN Kunjungi KAMPUS DAHANA



Penasaran dengan konsep Green building yang diterapkan perusahaan bahan peledak, Tiga puluh lima anggota ASHRAE Student branch Politeknik Negeri Bandung (Polban) berkunjung ke Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero), Subang. Kamis (3/11/2015). 


ASHRAE atau American Society of Heating Refrigerating and Air conditioning Engineers, adalah  salah satu organisasi internasional yang mengabdi kepada kemajuan dari teknologi pengkontrolan lingkungan dalam ruangan untuk pemanasan, ventilasi dan tata udara (Heating, Ventilation, and Air Conditioning - HVAC). 

Pada kunjungannya ke DAHANA, mahasiswa D III dan D IV jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara ini ingin mengetahui seluk beluk sistem pendingin dan tata udara yang diaplikasikan oleh DAHANA dalam konsep ‘green’.

Dalam kesempatan ini, Andri Pudigiantoro, Senior Manager Pengelolaan Aset memaparkan tentang pencapaian DAHANA dalam memperoleh sertifikat Platinum dalam kategori New Green Building dari GBCI. 

“Bangunan Dahana ini tergolong baru, yang dinilai tahan gempa, keamanan untuk kebakaran gedung, dan aksesibilitas penyandang cacat,” terang Andri dalam paparannya. (3/11/2015).
Ia pun menjelaskan enam kriteria rujukan bangunan hijau yaitu tata kelola penggunaan lahan, efisiensi energi dan pendinginan ruangan, konservasi air, sumber dan kualitas bangunan, kualitas udara dan kenyamanan ruangan, serta managemen pengelolaan lingkungan dan bangunanan.

“Untuk pendingin ruangan, Dahana tidak menggunakan gas freon yang mengakibatkan banyak menghasilkan CO2. Pendingin disini menggunakan Chiller, yang airnya pun berasal dari sungai,” kata Andri.

Bintang, salah satu perserta kunjungan mengungkapkan kedatangannya ke DAHANA tidak lepas dari dorongan dosen dan juga alumni untuk berkunjung ke DAHANA, agar lebih mengenal sistem tata udara yang diaplikasikan oleh DAHANA sebagai pemegang sertifikat Platinum New Green Building oleh GBCI dan menjadi runner-up untuk kategori gedung baru dalam perhelatan Asean Energy Awards 2013.

“Sebenarnya kita kesini sedikitnya ingin mengetahui langsung sistem udara yang digunakan di area pabrik, tempat produksi bahan peledaknya. Tapi ga apa-apa sih kalo belum diperbolehkan masuk area pabriknya,” ujar Bintang.

Dalam kunjungan kali pertamanya ini, ia akhirnya mengetahui tentang konsep green dan tata udara yang diterapkan oleh DAHANA.

“Tadi kita sempat melihat langsung ke ruang mesin Chiller, jadi sudah tidak penasaran lagi.” ungkap Bintang. (sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888