Pages

Friday, November 6, 2015

Rumpi Ibu-Ibu DAHANA di DBBI Kesehatan




Selepas rehat di jam istirahat, ibu-ibu atau karyawati yang berada di Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero), Subang, bergegas berkumpul di smart room - gedung Diklat DAHANA. Mereka tengah mengikuti kegiatan duduk bersama berbagi ilmu (DBBI). Kamis (5/11).


DBBI kali ini benar-benar hanya diikuti oleh kaum hawa, nampak mereka begitu antusias mengikuti kegiatan berbagi ilmu yang bertema tentang kesehatan wanita. Tua – muda ikut serta dalam diskusi ini. Pembahasan materi pada DBBI ini yaitu tentang Kanker Serviks dan kanker payudara.
Dokter Carina De Hidayat, salah satu dokter dari Klinik Medika Abadi menggambarkan bagaimana kanker serviks bisa terjadi.

“Apa yang menjadi penyebab kanker leher rahim belum jelas. Namun, yang pasti, infeksi menular seksual yang disebut HPV memegang peranan penting. Sekalipun HPV merupakan virus yang sangat umum, banyak perempuan dengan HPV tidak pernah mengalami kanker serviks. Berarti, ada faktor risiko lain seperti perubahan genetik, lingkungan atau gaya hidup yang juga menentukan apakah Anda akan terkena kanker serviks atau tidak” jelas dokter Carina.
 
Menurut dokter Carina hampir semua orang dewasa pernah terinfeksi HPV. Infeksi itu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kadang kala infeksi itu dapat menyebabkan kutil di area kelamin atau menyebabkan kanker leher rahim. Oleh karena itu, penting bagi kaum perempuan untuk menjalani pap smear secara teratur. Pap smear atau Pap test bisa menemukan berbagai perubahan sel yang terjadi di dalam leher rahim sebelum berubah menjadi kanker.

Hal tersebutlah yang menggerakan bagian PSDMO DAHANA menyelenggarakan DBBI Kesehatan dengan tema kanker serviks. Deya Nadya Kemalasari Staff PSDM & Organisasi mengatakan DBBi ini merupakan upaya untuk memberi pemahaman tentang penyakit berbahaya yang dialami oleh wanita.

“Kanker Serviks dan kanker Payudara merupakan penyakit pembunuh wanita no 1 di dunia. Hampir tiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit ini. Kita ingin karyawati Dahana tetap menjaga kesehatannya” terang Deya.

Selain itu menurut Deya, penyuluhan kanker ini untuk mendorong ibu-ibu yang berada di Dahana untuk mau memeriksa kesehatannya. Sebagai upaya menditeksi dan pencegahan sejak dini.
“Ini karena jika ada medical cek up, masih banyak yang tidak mau melakukan pemeriksaan pap smears, padahal dengan ini kita akan tahu kondisi kesehatannya” ujarnya.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888