Pages

Wednesday, November 18, 2015

DAHANA Gelar IHT Safety Officer



Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan keadaan darurat di lokasi kerja diperlukan pembekalan kepada tenaga kerja tentang kondisi bahaya dan resiko serta penanggulangannya. Hal inilah yang menginisiasi perusahaan bahan peledak PT DAHANA (Persero) menggelar In House Training (IHT) Safety Officer di Kantor Manajemen Pusat (Kampus) DAHANA, Subang.


Pelatihan yang digelar selama lima hari ini (9-13/11/2015) diikuti oleh 40 orang karyawan yang mewakili unit kerja yang berada di kawasan Energetic Material Center (EMC). In House Training kali ini merupakan hasil kerjasama unit kerja EMC dengan bagian PSDMO DAHANA.

Deya Kemalasari, salah satu panitia IHT menuturkan training yang dikelola langsung oleh internal perusahaan ini merupakan pelatihan untuk melatih karyawan menjadi Safety Officer, orang yang  mempunyai peran yang sangat penting dalam mencegah serta menanggulangi kecelakaan dan keadaan darurat di lokasi kerja.

“Tugas keseharian seorang Safety Officer adalah melakukan monitoring keadaan HSE atau K3 di lapangan,” terang Deya kepada Dfile. (12/11/2015).

Untuk melakukan pekerjaan tersebut, menurut Deya dibutuhkan kompetensi yang baik, agar seorang Safety Officer dapat memahami setiap risiko dan bahaya serta teknik penanggulangannya. Karenanya pelatihan IHT ini dirancang untuk membangun kompetensi dasar seorang Safety Officer yang profesional dengan kompetensi yang sesuai. Selama pelatihan peserta diberi pemahaman akan tugas dan tanggung jawas seorang safety officer, memahami bahaya dan resiko serta penanggulangannya, serta memiliki kemampuan dalam melakukan inspeksi peralatan maupun Lapangan.

Deya berharap dengan pelatihan ini peserta mampu menerapkan K3 di perusahaan, khususnya di unit kerjanya masing-masing.
“Empat puluh peserta  ini nanti kedepannya akan diproyeksikan bisa menjadi safety officer. Kedepannya  setiap unit kerja ada safety officer-nya,” pungkasnya. (sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888