Pages

Tuesday, October 6, 2015

Bi Ade, Penyaji Kopi dari Sadawarna



Hari itu langit masih gelap, namun suara ayam telah berkokok bersautan. Seorang wanita berusia 53 tahun keluar dari rumahnya menuju kantor Pengelola Sumur Barang (PSB) PT DAHANA (Persero) Subang. Langit gelap tidak menyurutkan dirinya untuk membersihkan halaman kantor PSB, sapunya terus mengayun mengumpulkan sisa daun kering yang berjatuhan, dan dibuangnya. 


Setelah tuntas menyapu halaman ia bergegas mengerjakan pekerjaan lainnya. Wanita yang selalu mengenakan kerudung ini pun langsung membersihkan ruangan, menyapu dan mengepel lantai perkantoran PSB.  Tidak biasanya ia mulai pekerjaannya sepagi ini. Hal itu dikerjakan hanya dihari tertentu saja, jika area PSB akan digunakan untuk kegiatan upacara.  Di hari-hari biasa ia mulai aktivitasnya pada jam enam pagi.

Ia adalah Unengsih, wanita asal Dusun Sadawarna yang sudah lima tahun bekerja di DAHANA. Ia mengikuti jejak suaminya yang lebih awal sudah bekerja di DAHANA. Bersama suaminya, Unengsih menjadi karyawan lepas harian (Harpas) DAHANA dan mendapat tugas mengelola area PSB. 

“Saya memilih ikut kerja sama suami, daripada diam di rumah, kalau kerja kan lumayan ada pemasukan buat ke dapur,” terang Unengsih kepada DFile (25/9/2015).
Unengsih dikalangan karyawan DAHANA lebih dikenal dengan nama Bi Ade. Tidak jarang ia harus melayani permintaan karyawan yang ingin dibuatkan minum, seperti teh atau kopi. Suatu ketika, saat ia hendak membuat kopi, ternyata gulanya habis. Tanpa sepengetahuan orang lain, tak jarang iapun mengeluarkan uangnya sendiri untuk membeli gula.
“Kalau lagi ada uang mah, pakai uang saya saja, ya mun teu aya (Kalo tidak ada) kasbon dulu ke warung,” terang bi Ade.

Ia pun mengungkapkan, dengan adanya DAHANA dan EMC-nya telah membantu dirinya dalam meningkatkan tarap perekonomian keluarganya. Sebelum ia bekerja di DAHANA, ibu dari tiga anak ini hanya seorang ibu rumah tangga. Karena meningkatnya kebutuhan hidup, akhirnya ia ikut serta mengikuti suaminya menjadi pekerja lepas DAHANA.
“Ibi tidak punya kebun, tidak punya sawah, jadi ikut kerja disini aja, Alhamdulillah masih diterima,” ujarnya. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888