Pages

Monday, July 27, 2015

Pawang Fasilitas DAHANA




Wahyu Mulyana,  Asisten Manajer Pemeliharaan Fasilitas

Siang itu matahari cukup terik, langitnya menyilaukan mata. Cuaca seperti ini membuat malas untuk beraktivitas di luar ruangan.   Namun, rimbunnya pepohonan di area Kantor Pengelola Sumur Barang (PSB) PT DAHANA (Persero) Subang, membuat orang betah  berlama-lama dibawahnya.

Seorang pria berkumis tengah merangkai dan menyusun kerangka besi.  Dialah Wahyu Mulyana, yang hendak mendirikan sebuah tenda.  "Ini lagi mau pasang tenda, persiapan buat acara santunan besok," terang Wahyu kepada Dfile.

Setiap ada kegiatan acara di DAHANA, pastinya orang yang terlahir di Madiun dan besar di Tasikmalaya ini selalu hadir untuk mempersiapkan semua kebutuhan acara.  Mulai dari kursi, lampu, soundsystem, tenda, ataupun lainnya yang dibutuhkan dalam acara tersebut.

Mengawali karirnya di Dahana, Wahyu dulu hanya berstatus pemelihara listrik. Mulai dari mengurus generator sampai dengan penangkal petir.   Berbeda dengan pada saat di Tasikmalaya, di Subang  Wahyu kini memegang jabatan sebagai Asisten Manajer Pemeliharan & Fasilitas Korporasi.  Tugasnya pun semakin banyak tidak hanya pemeliharaan listrik, urusan kebersihan, masalah air pun menjadi pekerjaannya.

Tiga puluh tiga tahun di DAHANA, Wahyu hanya bersedia bekerja di pekerjaan yang dimumpuninya. Lulusan STM listrik ini hanya bersedia bekerja dilapangan sebagai teknisi. Hal ini begitu nampak pada penampilannya. Helm Safety selalu lekat dikepalanya.

Diapun mengaku pernah menolak tawaran naik jabatan dengan tugas baru, karena merasa bukan kemampuannya.  "Kalau saya merasa tidak mampu mending ditolak, daripada kacau. Saya mah mending dilapangan saja," ungkapnya.

Bapak yang memiliki tiga anak ini, tidak pernah mengeluh dengan pekerjaannya. Meski terkadang waktu libur harus masuk karena ada pekerjaan, atau disaat yang lain beristirahat di malam hari, Wahyu harus begadang mempersiapkan fasilitas untuk acara di esok harinya.

"Semua pekerjaan harus selalu dikerjakan, mau siang atau malam, hari libur atau bukan, kalau sudah tugas saya. Saya selesaikan," terangnya.

Baginya apa yang dikerjakannya bukan sebatas pekerjaan biasa. Semua tugasnya dikerjakan dengan hati karena semata cinta pada pekerjaannya.  "Kalo sudah cinta dengan apa yang kita kerjakan, semua akan asyik-asyik aja," ungkapnya.

Diakhir perbincangan, Wahyu pun mengungkapkan salah satu prinsip yang dia pegang dalam bekerja yaitu, kerjakanlah apa yang mampu dikerjakan.

"Saya mah berkaca diri, kalau tidak sanggup mengerjakannya, tidak saya ambil pekerjaan itu. Biarkan orang yang mampun yang mengerjakannya," pungkasnya. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888