Pages

Friday, June 26, 2015

PT Cibaliung Sumber Daya, Sejak Berdiri Sudah Menggunakan Bahan Peledak DAHANA



Sebagai perusahaan bahan peledak merah putih, PT DAHANA (Persero) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada konsumennya. Perusahaan pemilik kawasan Energetic Material Center (EMC) ini selalu mencoba menjawab kebutuhan konsumennya.

Produk dan teknologinya, serta pelayanannya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya. Seperti halnya konsumen yang satu ini, PT Cibaliung Sumber Daya (CSD), sebuah perusahaan tambang emas yang berlokasi di bagian selatan Kabupaten Pandeglang, Banten.  Sejak pertama beroperasi menggunakan service DAHANA.


PT CSD adalah anak perusahaan dari PT Aneka Tambang (Antam), merupakan perusahaan tambang lokal yang menggunakan produk DAHANA. Dalam aktifitas peledakan tambangnya, CSD biasa menggunakan handak jenis Danfo dan Dayagel Magnum.

Operasional tambang yang mulai beroperasi di tahun 2009 ini sudah melakukan penambangan emas dengan metode underground. Dengan metode ini, kemungkinan besar medan yang akan dihadapi adalah terowongan dengan kondisi berair dan basah.  Kondisi  ini cukup menghambat proses ekploitasi karena seperti di ketahui, CSD selama ini hanya menggunakan handak DAHANA Danfo dan Dayagel Magnum atau sering disebut juga dinamit.

Untuk meringankan kendala CSD tersebut, DAHANA mencoba menyarankan untuk menggunakan produk Dahana berjenis emulsion yang dilabeli nama Dabex, yang mempunyai keunggulan mampu bereaksi meski diarea basah atau berair.

Sebagai tindaklanjutnya, pada 5 Juni 2015, Divisi Tambang Umum 1 (DTU 1) DAHANA mengundang para pekerja tambang Cibaliung ke Energetic Material Center (EMC) untuk ikut serta dalam kegiatan in house Training Dabex For Underground.

Titan Irawan, Senior Manajer Operasi Khusus DTU 1 DAHANA mengungkapkan kegiatan yang diselenggarakan divisinya adalah untuk bersama-sama mencari solusi dan menampung ide untuk kebutuhan konsumen di lapangan.

“Kami undang para pekerja tambang yang selama ini dilapangan, untuk sharing tentang kesulitan yang dihadapi dilapangan selama menggunakan handak Danfo dan Dayagel, dan bagaimana Cara Dabex bisa digunakan di Undergroung,terang Titan.

Titan pun menjelaskan sebelumnya sekitar tahun 2011 DAHANA pernah melakukan uji coba penggunaan handak Dabex di CSD, namun kala itu belum maksimal dalam aplikasinya, karena belum sepenuhnya ditunjang oleh peralatan.  Pada akhirnya hasilnya belum maksimal.

Saat ini DAHANA telah didukung oleh sistem teknologi yang baik untuk mengurai hambatan di CSD.  Dengan kegiatan In house training Dabex for Underground ini munculah ide dan saran dari para peserta. Peralatan dan kebutuhan apa saja yang akan menunjang kinerja agar lebih efektif dan efisien. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888