Evaluasi dan Hubungan dengan Konsumen, Strategi Jitu DAHANA Raih Kesuksesan
Bagi Ryan, ini sangat di luar dugaan, “Saya kaget, sebenarnya strategi khusus untuk menang penghargaan dalam ajang ini tidak ada. Hanya saja kita rutin melakukan evaluasi secara bertahap.” Evaluasi sangat penting mengingat perkembangan dunia pertambangan yang sangat dinamis menuntut kemampuan adaptasi dan perubahan yang cepat pula untuk menjawab tantangan.
“Karena dunia pertambangan sangat dinamis, jadi evaluasi selalu dilakukan pada setiap lini secara berkelanjutan yang mengikuti dinamika perubahan yang ada,” ucap pria yang hobi membaca komik ini. Ia melanjutkan, Secara umum evaluasi strategi dan taktik marketing PT DAHANA (Persero) dilakukan setiap tiga bulan sekali melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Rapat Kerja (Raker) setiap satu tahun sekali.
Menurut Ryan, selain evaluasi yang rutin hal yang tak kalah penting ialah menjaga hubungan dengan konsumen. “Konsumen ini menjadi barometer keberhasilan perusahaan atau tidak. Untuk itu kita selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen,” tandasnya.
Ia melanjutkan, cara untuk menjaga hubungan dengan konsumen, selain komunikasi yang intens melalui telepon dan e-mail, tim marketing memiliki jadwal rutin untuk melakukan kunjungan langsung ke konsumen. Jika ada komplain, kita akan segera atasi, kita memiliki standar 2 x 24 jam harus teratasi.
Ryan yang juga hobi bermain game di komputer ini juga yakin dengan strategi yang sudah berlangsung selama ini dapat merealisasikan target 2014. “Kami yakin dan percaya, dengan arahan dari manajemen puncak, kerja keras tim lapangan yang tersebar di site, dukungan yang konsisten dari tim pendukung dan doa semuanya, pendapatan PT DAHANA untuk tahun ini dapat menembus angka psikologis 1 triliun rupiah . Mengenai laba juga meningkat dibandingkan tahun lalu,” tuturnya kepada Dfile.
VRD
No comments:
Post a Comment