Pages

Thursday, May 8, 2014

Kartini Dahana


Semangat RA Kartini terus membahana di bumi Nusantara. Emansipasi wanita menjadi sebuah warna yang mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara. Wanita dalam kodratnya kini sudah mampu sejajar dengan kaum pria. Bisa kita lihat dalam dunia pekerjaan, wanita sudah mampu melesat menjadi pejabat tinggi di perusahaan, atau bahkan pemimpin perusahaan.


Kali ini rubrik Narsis mengangkat kisah tentang seorang perempuan, yang menjadi satu-satunya wanita yang menjabat eselon 1 di perusahaan pembuat bahan peledak. Di usianya yang tidak lagi muda, wanita ini masih tetap energik, dan mampu bersikap tegas dan lugas. Dia begitu beruntung,  dalam pekerjaannya mendapat dukungan dari keluarga, suami dan anak-anaknya, untuk terus meniti karir di PT DAHANA (Persero).

Anie Chrisnaeni, dialah wanita yang didaulat oleh DAHANA untuk ikut serta dalam ajang Anugerah Kartini BUMN 2014 yang diselenggarakan oleh majalah BUMN Track.  Dalam ajang ini, Chris meraih predikat Inspiring Woman. Ketika ditemui di meja kerjanya, wanita yang akrab di panggil Chris ini tengah berjibaku dengan pekerjaannya, dan sejenak Chris pun menerima kedatangan tim Dfile.

Chris mengaku saat itu dirinya tengah mempersiapkan bahan materi untuk dipresentasikan pada ajang Kartini BUMN 2014. Bagi Chris, keikutsertaannya dalam ajang ini merupakan suatu kebanggaan, dan menurutnya, terpilihnya dia untuk ikut serta Kartini BUMN karena Chris adalah satu-satunya wanita yang menjabat sebagai pejabat tinggi di PT DAHANA (Persero).

“Mungkin ini karena saya satu-satunya wanita yang duduk di eselon satu,” ungkap Chris kepada Dfile.

Sebagai wanita yang menduduki jabatan Deputi Direktur Keuangan Korporasi, tidak lantas membuat Chris menjadi jumawa. Jabatan bagi dirinya adalah suatu amanah yang harus dilaksanakan, dan tidak harus merubah kepribadiannya.

“Kita harus semakin bijak, semakin rendah hati, jangan bersikap ngebos, kita harus menjadi pribadi yang bisa diterima oleh lingkungan,” kata Chris.

Chris pun mengungkapkan kunci kesuksesannya, yaitu  bahwa kita harus mampu menjadi orang baik dan mampu menjalankan semua tugas, dan hal itu timbul bukan dari pernyataan diri sendiri tapi pernyataan yang timbul dari lingkungan sekitar kita.

Anie Chrisnaeni, mengawali karirnya di DAHANA pada tahun 1984.  Selama 30 tahun itu Chris mengaku menikmati dan menjalani semua pekerjaan, fokus dengan tugas-tugasnya, tanpa terasa tahu-tahu karirnya terus naik. Dalam pekerjaannya, wanita yang hobi kuliner dan traveling ini selalu berkutat di bidang keuangan, namun sebelumnya pun dia pernah menjabat Kepala Satuan Pengawas Internal.

Dengan karirnya yang gemilang, Chris mampu menyeimbangkan peranannya sebagai ibu bagi anak-anaknya serta istri yang melayani suaminya. Justru berkat dukungan keluarganya dia mampu seperti saat ini. Chris menerangkan memang terkadang wanita harus dihadapkan pada dua pilihan, karir atau rumah tangga, padahal menurutnya keduanya itu bisa sejalan seirama, yang perlu dihindari itu rasa nyaman, jika ingin memilih keduanya maka diperlukan keberanian dan kerja keras. Dia meyakini bahwa wanita mampu melakukan segalanya.

“Wanita itu harus pintar, harus maju, saya berharap kedepan, jabatan penting di Dahana sudah banyak diisi oleh kaum wanita,” pungkasnya. (Sya)

1 comment:

  1. saya sangat setuju dengan artikel ini, kartini menunjukan bahwa wanita itu tidak lemah.
    Download Lagu Terbaru

    ReplyDelete

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888