Pages

Thursday, January 9, 2014

Karyanto, Ahli Konstruksi dan Guru Honorer yang Banting Stir Menjadi Ahli Bom

Mendengar teknik sipil dan Keguruan & Ilmu pendidikan, benak orang pada umumnya akan langsung tertuju pada hal-hal yang berkaitan dengan Konstruksi dan Mengajar di Sekolah.  Namun,anggapan tersebut bisa jadi tak berlaku bagi Karyanto, Site Coordinator Bayah Project di Divisi Kuari dan Konstruksi PT DAHANA (Persero).


Di BUMN bahan peledak ini, keseharian Karyanto jauh berbeda dengan sebelumnya yang 11 bulan lamanya sempat menjadi guru honorer di salah satu SMK Negeri di Tasikmalaya dan sekarang justru bergelut dengan penangan peledakan yang lebih dekat dengan jurusan di fakultas teknik lainnya, yakni teknik pertambangan.“Banyak hal yang saya pelajari selama bekerja di Dahana, mengingat background saya dari teknik sipil yang tidak bersentuhan sedikitpun dengan aplikasi teknologi bahan peledak, baik itu untuk tambang maupun konstruksi,” jelas Karyanto.

Menurut Karyanto, bekerja di DAHANA membuatnya dituntut menguasai pengetahuan bahan peledak berikut aplikasinya langsung di lapangan. Segala hal tentang peledakan, seperti penentuan geometri peledakan dan teknik peledakan untuk mendapatkan fragmentasi yang diinginkan, dan tingkat presisi hasil peledakan misalnya pada trench blasting, hingga tunneling tak dipelajarinya di bangku kuliah, namun semua hal tersebut diserapnya di lapangan.

Berkubang didunia sipil dan keguruan & ilmu pendidikan selama kuliah, saat ini Karyanto justru akrab dengan dengan safety dalam penanganan dampak peledakan baik itu ground vibration, air blast, flying rock, dan aspek keamanan lainnya selama proses peledakan. “Bekerja di DAHANA membuat kita berkembang dari segi keilmuan, karena pekerjaan menuntut serba bisa di DAHANA,” ungkapnya.

“Menuntut ilmu” di DAHANA sudah dilakoninya sejak Juli 2006 silam. Selama 8 tahun itu pula, Karyanto sempat malang melintang dan kenyang pengalaman di beberapa unit kerja saat menjalani calon karyawan (Cakar) dan management trainee (MT), rutinitas bolak-balik mengunjungi site operasi, hingga kemudian karirnya berlabuh di Divisi Kuari dan Konstruksi sampai sekarang.  “DAHANA sudah menjadi bagian keluarga sendiri,” ujar karyawan yang baru melepas masa lajangnya ini.

Diungkapkan dirinya, selain mendorongnya belajar hal-hal baru di luar bidang keilmuannya, bekerja di perusahaan yang telah berusia 47 tahun ini, setiap karyawan bisa menunjukan eksistensi dengan maksimal. Eksistensi menurut Karyanto, yakni prestasi karyawan yang dihargai dengan sangat baik di lingkungan perusahaan. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888