Pages

Wednesday, September 18, 2013

Kebut Proyek Bandara Kertajati, DAHANA Ledakan Bukit Jembarwangi

Pesatnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah di kawasan Propinsi Jawa Barat, seperti pengerjaan proyek jalan tol, bandar udara, dan bendungan, membuat permintaan batu belah melonjak tajam. Perusahaan pemasok material konstruksi, PT Selo Bumi Quarry (SBQ) pun kewalahan memenuhi pesanan yang meningkat.
Karena kebutuhan material yang masuk dalam golongan galian C ini terus meningkat, SBQ kini mengoptimalkan tambang di 3 lokasi perbukitan. Namun, saking banyaknya permintaan, kapasitas produksi perusahaan tetap saja tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Guna mengejar target produksi tersebut, SBQ menggandeng PT DAHANA (Persero) melakukan peledakan di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. “DAHANA sangat membantu operasi SBQ, tanpa bantuan peledakan dari DAHANA mustahil memenuhi target produksi untuk konsumen kita saat ini,” ungkap Supriyatna, Manajer Produksi PT Selo Bumi Quarry pada Dfile ditemui di site peledakan.

Dikatakan Supriatna, batuan kuari yang diproduksi saat ini untuk dikirim ke proyek pembangunan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Saat ini, proyek bandara internasional ini ditargetkan rampung pada awal tahun 2016. Pembangunan landasan bandara (runway) pun  dikebut. Untuk itu, lanjut Supriyatna, perusahaannya akan kembali menggandeng DAHANA di beberapa lokasi pertambangan lain milik SBQ. “Dua tempat lagi, saat ini dalam waktu dekat akan dieksploitasi,” jelasnya.

Dari peledakan di Site Sumedang, selain menyuplai batuan untuk landasan Bandara Kertajati, perusahaan kuari yang kerap memasok material untuk perusahaan pengembang besar ini juga menjadi penyedia utama bahan baku precast salah satu BUMN konstruksi, serta memenuhi permintaan material untuk Bendungan Karet Waladang di Kabupaten Indramayu yang sedang dikerjakan.

Manager Hubungan Pelanggan Sektor Kuari Divisi Kuari & Konstruksi PT DAHANA Setio Budhianto mengungkapkan, di site yang terletak di perbatasan Sumedang Majalengka ini, DAHANA bisa menghasilkan 2.500 bcm dalam setiap peledakan.  Jika dibanding site kuari lainnya, peledakan di Site Sumedang tergolong kecil.  Untuk setiap lubang peledakan dengan menggunakan DANFO dengan kedalaman 6 meter, DAHANA menggunakan booster Dayagel Magnum 200 ons setiap lubang tembak, dengan kebutuhan 1.300 kg DANFO setiap kali peledakan.

“Peledakan dilakukan satu kali dalam seminggu, dengan 4 kali ledakan setiap harinya untuk meminimalkan efek air viration, flying stone, dan ground vibration,” papar Setio.   Meski sempat terkendala izin dari pemerintah setempat, secara umum, menurut Setio, target blasting perdana di Site Sumedang sudah tercapai tanpa kendala berarti. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888