Pages

Tuesday, March 26, 2013

Rehat Blasting, Menikmati Lezatnya Durian Padang

Mengunjungi kota Padang nampaknya terasa kurang lengkap bila belum menikmati durian khas tanah Minang. Dari sisi penampilan dan rasa, Durian Padang sejatinya tak jauh berbeda dengan Durian Sumatra lainya, seperti Durian Palembang atau Durian Medan. Yang membedakan, menyantap durian Padang di disajikan dengan ketan bertabur parutan kelapa.
Pusat durian dapat dengan mudah ditemukan di Kota yang terletak di pesisir Pantai Barat Sumatra ini. Warga Kota Padang biasa menyebut daerah tersebut dengan Kampung Terandam, kawasan yang masuk kompleks Kodam Sumatra Barat.


Setelah melewati Stasiun Kereta Api Terandam, melimpahnya durian yang ditumpuk langsung menyambut di kiri kanan jalan. Kampung Terandam terletak di tengah-tengah kota, jaraknya tak sampai
10 menit perjalanan berkendara dari Mess Dahana site Semen Padang, di Indarung Kota Padang.
Oleh para pedagang musiman ini, trotoar jalanan Padang disulap menjadi tumpukan durian- durian yang menggunung yang mengundang hasrat. Duri-durinya yang tajam, dan aroma yang tajam membuat otak berfantasi menikmati rasa manis yang menggoyang di lidah. Membuat hati tak sabar menikmati buah surga ini.

Nah, di Padang, menikmati durian tak lengkap tanpa sepiring ketan dengan taburan santan. Maka para pedagang durian ini akan hampir pasti akan menyediakan ketan, baik ketan hitam, maupun ketan  putih.  Orang  Padang  lazimnya  jarang  membawa  durianya  untuk  dimakan  di  rumah,  namun dimakan di tempat sambil menikmati hijau pepohonan di tengah lalu lalang kendaraan di pusat kota saat sore hari.Tak perlu khawatir kehabisan tempat, setiap pedagang telah menyediakan tikar di bawah tenda yang cukup besar.

Menyoal harga, durian yang dijual di Kota Padang tak membuat dompet mengering. Harga durian bervariasi tergantung ukuran dan kualitas, yang paling murah berkisar dari mulai Rp. 5000, hingga kualitas super yang berkisar dari Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000. Sambil menikmati pusat nadi Kota Padang yang khas, tak salah mencoba berburu durian di sela-selablasting bila mengunjungi Padang. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888