Pages

Friday, December 21, 2012

KAMPUS Dahana Juara Bangunan BUMN Paling Hijau

Blog Dahana, Meski belum genap setahun usianya, Kantor Manajemen Pusat (KAMPUS) PT Dahana yang berdiri di kawasan Energetic Material Center (EMC) Subang terus menuai banyak penghargaan. Dari  sekian  banyak  penghargaan  yang  diraih  bangunan  dengan  konsep  garden  roof  ini,  yang teranyar adalah “Penghargaan Hemat Energi Gedung BUMN” dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).


 Dilangsungkan dalam Gala Dinner Penganugerahan Efisiensi Energi Nasional pada Kamis (20/12),  di  Grand  Ballroom  Hotel  Sari  Pan  Pacific  Jakarta,  PT  Dahana  meraih  predikat  juara pertama ketegori BUMN dengan bangunan baru paling efisien dalam penggunaan energi. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri ESDM, Rubi Rubiandini kepada Direktur Keuangan dan SDM PT Dahana, Susilo Hertanto.

Dikatakan Rubi, penghargaan lingkungan tahunan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah  terhadap  pelaku  usaha  yang  telah  konsisten  menerapkan  efisiensi  energi  dalam kegiatan usahanya. “Penghargaan ini juga sebagai komiten Indonesia dalam forum ASEAN Green, dengan target penurunan hingga 15% penggunaan energi di Indonesia”, ujar Rubi dalam sambutanya.
Penghargaan ini terbagi dalam 7 kategori umum yang meliputi manajemen pengelolaan energi, bangunan terefisien untuk BUMN, bangunan terefisien untuk pemerintah, bangunan terefisien untuk swasta, dan bangunan terefisien untuk industri kecil, bangunan terefisien industri besar,  dan  bangunan  komersial  terefisien.  Pemenang  penghargaan  ini  akan  langsung  diikutkan pada penghargaan serupa di tingkat ASEAN dalam ASEAN Energy Award 2013.

Raihan ini tak lepas dari kesuksesan PT Dahana membangun KAMPUS Dahana yang dirancang full green building. Di Indonesia, konsep full green building hingga saat ini hanya dimiliki oleh 2 institusi, yakni PT Dahana dan Bank Central Asia. Konsep tersebut lahir sebagai jawaban atas makin seringnya kelangkaan energi dewasa ini.

Sejak selesai dibangun pada Agustus lalu, KAMPUS Dahana telah menerapkan penggunaan energi seefisien mungkin. Setiap sudut ruangan dilengkapi dengan human cencor yang mengatur penggunaan lampu dan air conditioner secara efisien, tidak menggunakan air tanah, penerangan alami, dan pemanfaatan kembali limbah buang secara maksimal.

Menurut Susilo Hertanto, Direktur Keuangan dan SDM PT Dahana, penghargaan ini bisa menjadi nilai tambah perusahaan dan mendorong perusahaan untuk melakukan penghematan energi. “Ke depan kita (Dahana) akan lebih sadar betapa pentingnya penghematan energi”, ujar Susilo.
(IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888