Pages

Wednesday, December 12, 2012

Akhir Tahun dengan Pabrik Baru

Blog Dahana, Anak-anak hingga orang dewasa, siapa yang tak menyukai memakai baju baru. Apalagi jika baju baru tersebut hadir dalam peristiwa penting dalam hidupnya. Baju baru yang bertepatan dalam menyambut hari penting tak sebatas memberi label seorang terlihat lebih baru dan berubah, namun baju baru dalam saat tersebut bermakna memberi spirit baru dalam menjalani hidup sesudahnya.


Kita biasa menjumpai orang dengan baju baru saat lebaran, baju baru saat hari natal, baju baru saat ulang tahun, dan baju-baju baru lainya saat peristiwa istimewa dalam hidup seseorang. Tujuannya tak lebih hanya bagaimana memulai sebuah aktivitas dengan suasana baru dan tentu dengan harapan lebih, dan berharap ada yang baru ke depanya.

Namun, bagaimana jika yang menyambut hari penting tersebut suatu perusahaan. Tentu lain cara penyambutannya, perusahaan tak mungkin menyambut hari bahagianya dan peristiwa penting lainnya dengan baju baru. Tapi tetap berkonotasi dengan hal yang serba baru, entah itu semangat baru, karyawan baru, strategi baru, dan hal lainya yang setiap perusahaan yang pasti berbeda memaknai baju baru yang akan dipakainya.

PT Dahana (Persero) sebagai perusahaan bahan peledak (handak) milik negara ini punya cara lain dalam menutup akhir tahun 2012, dan menyambut awal tahun 2013. Baju baru yang akan dikenakan perusahaan yang dipimpin F. Harry Sampurno ini adalah sebuah pabrik baru yang baru rampung dibangun.

Di penghujung tahun ini, PT Dahana beru saja menyelesaikan pabrik Booster barunya, di antara dua ujung tahun inilah menjadi tonggak awal PT Dahana memproduksi massal Booster pertama di Indonesia yang merupakan handak terbaik dalam industri pertambangan saat ini.

Pemilihan pembangunan pabrik Booster sebagai baju baru perusahaan dalam menghadapi persaingan industri handak ini tentu sebuah pilihan yang tepat. Booster selama ini tak diproduksi di dalam negeri, artinya permintaan handak yang sangat besar selama ini dipenuhi dengan cara impor, ini pastinya akan menguras devisa negara selain akan semakin menambah akut ketergantungan terhadap Booster impor yang lumayan besar.

Dengan harga yang lebih kompetitif dengan kualitas sepadan, bukan tidak mungkin cepat atau lambat pabrik Booster baru yang dibangun di Subang ini akan mensubtitusi handak impor selama ini. Pabrik Booster baru juga menjadi akhir manis perusahaan yang sebelumnya  sepanjang  tahun  2012,  telah  banyak  menorehkan  banyak  pencapaian  luar biasa.

Baju baru dengan pabrik Booster ini tak hanya bermakna menjadikan nilai perusahaan semakin baik. Ibarat kacang yang tak melupakan kulitnya, PT Dahana sebagai perusahaan yang dimiliki negara ini tentu akan berusaha melakukan lebih untuk negara.
Handak tak sekadar memproduksi untuk kemudian meledakannya, ia melintasi dimensi yang lebih luas yakni makna nasionalisme. Hingga saat ini, terutama dalam sektor migas sebagai pemakai terbesar Booster, hampir semuanya didatangkan dengan impor. Seperti ditulis di edisi Dfile sebelumnya, PT Dahana selalu punya cara berbeda dalam membawa nama Indonesia.  Dengan baju baru, pabrik baru, dan semangat baru.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888