Pages

Thursday, August 23, 2012

Asep Maskandar, Ketua AOC Baru

Blog Dahana, Belum lama ini. Kepengurusan Agen of Change  (AOC) PT Dahana (Persero) diganti. Asep Maskandar yang saat ini menjabat Sekretaris Perusahaan Dahana terpilih menjadi Ketua AOC. Meski sudah terpilih menjadi  ketua, Asep Maskandar belum menunjuk wakil ketua maupun sekretaris AOC yang akan mendampinginya nanti. Pergantian kepengurusan AOC ini dilakukan lantaran kepengurusan lama dinilai sudah tidak optimal lagi dalam melakukan fungsinya. Padahal, sesuai namanya AOC berfungsi sebagai agen perubahan. Agen ini mempunyai tugas mengontrol kinerja dan etika karyawan Dahana.

Menurut Asep Maskandar, selaku ketua terpilih, rencananya akan dibuat batasan untuk Kepengurusan AOC yang baru. Batasan tersebut salah satunya adalah mengenai masa kepengurusan AOC yang secara ideal berlaku satu tahun dan paling lama mencapai dua tahun. Artinya, jika kepengurusan AOC sudah mencapai dua tahun, maka harus diganti untuk memberi kesempatan kepada kepengurusan yang baru. Hal ini didasarkan pada sebuah hasil konsultasi dengan konsultan Dahana, dimana konsultan tersebut memberikan saran bahwa kepengurusan AOC akan lebih efektif apabila ada pembatasan waktu yang jelas. Apalagi berbicara mengenai perubahan Dahana.
Selain itu, berdasarkan hasil konsultasi juga, nama AOC harus diganti sebagai tim Adhoc dan lebih kepada fungsinya sebagai sumber daya manusia (SDM). Untuk itu ada rencana mengalihkan tugas AOC ke struktur organisasi dalam hal ini SDM.

7 nilai budaya perusahaan 
Meski  belum memiliki wakil dan sekretaris dalam kepengeurusan AOC, Asep Maskandar selaku ketua baru AOC  memiliki program jangka panjang. Yaitu menekankan 7 nilai budaya perusahaan.  Seperti yang diketahui, bahwa 7 nilai budaya perusahaan yang diemban Dahana saat ini diantaranya adalah  Nasionalisme, Kepemimpinan, Amanah dan Pelayanan, Profesionalisme, Inovatif, Keunggulan dan Aliansi Global. Diharapkan, ketujuh nilai budaya dasar tersebut, bisa diwujudakan dalam setiap perilaku dan tindakan stake holder Dahana.

Jika dijabarkan, 7 nilai budaya perusahaan  mengandung makna yang sangat luas.  Nasionalisme, bahwa perusahaan Dahana sebagai perusahaan BUMN memiliki nasionalisme yang kuat terhadap negara Indonesia, artinya sebagai sebuah perusahaan memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan negara. Kepemimpinan, mengandung makna bahwa Dahana baik secara internal maupun eksternal menjadi sosok atau perusahaan yang bisa dibanggakan. Amanah dan Pelayanan, Dahana memliki tugas dan kewajiban, dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Untuk itu, Dahana harus memliki sifat amanah, profesional dalam segala hal menyangkut kinerja perusahaan,  inovatif dalam memproduksi dan memasarkan produk Dahana, memiliki keunggulan dalam segala hal dibandingkan dengan perusahaan lain. Yang terakhir adalah Aliansi Global, dimana Dahana harus mampu mengedepankan eksistensinya baik dalam skala nasional maupun internasional. Namun eksistensi tersebut ditunjukkan dalam bentuk sebuah karya positif atau produk yang bisa dibanggakan.

Nah ketujuh nilai budaya persuahaan tersebut, diharapkan menjadikan Dahana sebagai perusahaan kelas dunia. Hal ini pula yang akan dilakukan Asep Maskandar selaku ketua AOC baru. Berbekal sumber daya yang unggul serta berlandaskan pada prinsip good coorporate governance, Dahana berusaha terus untuk aktif dan berkembang guna menghadapi berbagai persaingan. (rmt)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888