Pages

Thursday, March 1, 2012

Serius Terjun ke Dunia Handak


Anggaria Maharani

Beberapa karyawan PT DAHANA mengikuti Kursus Juru Ledak Kelas dua di Bandung Jawa Barat. Acara yang diselenggarakan oleh Tekmira ini berlangsung pada 20 – 24 Februari 2012 di Pusdiklat Minerba Jalan Sudirman Bandung. PT DAHANA mengirimkan 15 orang peserta. Nah, ada peserta wanita dari Dahana yang nyempil sendirian, bahkan dari total peserta pelatihan yang berjumlah 69 itu adalah Anggaria Maharani,  K3LH&Teknologi Subang.

Bagi Angga, begitu ia dipanggil, mengikuti kursus juru ledak ini merupakan pengalaman pertamanya.  “Ya, ini merupakan pengalaman pertama saya. Menyenangkan sekali karena banyak ilmu yang diperoleh,” tuturnya kepada redaksi.


Nama lengkapnya Anggaria Maharani. Gadis kelahiran Lamongan ini bergabung dengan Dahana sejak tahun 2010.  Anak kedua dari dua bersaudara ini memulai perjalanan kerjanya di Dahana sejak mengikuti masa Calon Karyawan dan MT dengan mengitari unit kerja-unit kerja di Dahana.   Dengan basic Kimia, lulusan Kimia MIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang menyelesaikan kuliahnya pada 2009 lalu, lekat dengan urusan kimia pula di Dahana.

Anggaria memulai perjalanannya di Dahana di K3LH & Teknologi.  Saat itu, Angga ditempatkan di Laboratorium Kantor Pusat Tasikmalaya. Tugas pada masa Management Trainee mengharuskannya menyambangi Unit Usaha Nonel di Subang, kemudian ke Divisi Minyak dan Gas dan ke Site Project Karimun.  Penempatan pertama sebagai karyawan tetap di Unit K3LH & Teknologi.

Angga antusias bercerita tentang pengalamannya mengikuti kursus juru ledaknya.  “Acaranya lima hari, teori di kelas, praktek lapangan dan ujian tulis dan lisan,” ceritanya. 

Kebetulan untuk prakteknya dilaksanakan di CV  Panghegar Bandung. “Banyak hal yang bisa didapat, dari mulai knowledge, dasar skill untuk di lapangan, sama attitude memperlakukan bahan peledak serta bekerja dengan bahan peledak,” cerita Angga.   “Serunya jadi tahu perangkaian juga,”  Angga menambahkan dengan antusias.

Sebenarnya pada masa Management Trainee dahulu, Anggaria sempat ditempatkan di Site Project Karimun, Kepulauan Riau.  Hanya saja, di site project tersebut Dahana hanya mengerjakan loading (DTH) saja sehingga tidak sempat turut merangkai dan meledakkan.

Walaupun baru bergabung dengan Dahana pada 2010 lalu, pengalaman kerja di Dahana mengantarkannya berkecimpung di dunia bahan peledak.  Hal tersebut membuat gadis yang semasa di kampusnya aktif di Himpunan dan Workshop sangat menikmati pekerjaannya. 

Baginya, suka dan duka di Dahana dijalaninya dengan enjoy. Banyak hal yang bisa di dapat di Dahana, mulai dari pengetahuan tentang bahan peledak yang tidak semua orang berkesempatan bersentuhan, sampai ke keluarga baru, dan budaya baru.  Dinamis dan colorfull..
Kalau dukanya, paling tidak bisa bertemu keluarga sesering mungkin, tapi disitu seninya, ditumpuk dulu kangennya..hehe,” katanya sambil tertawa.
Salah satu pengalaman yang berkesan selama di Dahana adalah saat menjadi Miss Nonel.  Loh kok bisa?  Karena saat itu jadi satu-satunya karyawan MT perempuan di Unit Produksi Nonel,” tuturnya lagi.
Selama menjalani pekerjaan di Pabrik Detonator jenis non elektrik ini, Angga belajar dari teman-teman yang lebih muda dan how to manage people merupakan pengalaman yang berharga selama di Nonel. Beralih kemudian kembali ke K3LH dan Teknologi, memahami sebuah sistem yang memang diciptakan untuk membangun kesadaran.  Jika sistem dibentuk sedemikian rupa bagusnya namun tidak diaplikasikan pastinya menjadi sesuatu yang nihil tak bernilai. Begitupun teknologi yang ada di Dahana, teknologi di DAHANA harus terus dikembangkan karena pasar tidak hanya terbatas sampai disini dan kompetisi di luar semakin kencang.
Kehadiran karyawati yang menggeluti bahan peledak tentunya kabar baik dalam kampanye kesamaan gender.  Di Dahana inilah ditempa untuk menjadi matang, terlebih sekarang terdapat Energetic Material Center (EMC) yang merupakan Pusat Penelitian dan Pengembangan bahan berenergi tinggi terbesar di ASEAN.

2 comments:

  1. Selamat ya untuk bu Angga semoga tidak lupa dengan rekan2 satpam PT Dahana site plant Karimun.
    Tolong dong diposting soal2 ujian tulis/lisan KJL II tahun 2012

    Emai :
    ridwanrihasto@gmail.com

    ReplyDelete

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888