Pages

Tuesday, February 7, 2012

Wajah Baru Perusahaan dengan GOOD CORPORATE GOVERNANCE


Tasikmalaya. Pada hari Selasa, tanggal 24 Mei 2011, tepatnya pada pukul 10.30 pagi telah dilakukan penyerahan Laporan Hasil Assessment Penerapan Good Corporate Governance (GCG) PT Dahana (Persero) oleh Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat kepada Direktur SDM & Administrasi PT Dahana (Persero).  Laporan tersebut menandakan berakhirnya masa asesmen yang dilakukan selama 3 bulan lamanya di kantor PT Dahana (Persero) Tasikmalaya. Penyerahan laporan tersebut dihadiri juga oleh Tim Counterpart PT Dahana (Persero) yang diketuai oleh Asep Maskandar.

Pertemuan tersebut diawali dengan sambutan oleh Direktur SDMA yang dilanjutkan dengan penyerahan laporan tersebut. Setelah acara penyerahan dilakukan, dilanjutkan dengan diskusi mengenai usulan BPKP yang merencanakan untuk dapat memberikan bantuan kepada perusahaan untuk melakukan perbaikan sistem good corporate governance yang terkait dengan perusahaan.


Dalam paparan BPKP ada beberapa daftar area of improvements atas hasil asesmen GCG tersebut terbagi atas dua hal yaitu untuk penyempurnaan infrastruktur dan melakukan pelatihan. Dalam pemaparan tersebut juga BPKP menawarkan sistem oncall, dan sistem tersebut menarik perhatian bagi Asep Maskandar karena hal ini juga diterapkan oleh perusahaan walaupun dengan pengertian yang berbeda.

Dalam diskusi tersebut banyak pertanyaan yang disampaikan terkait penyempurnaan GCG ke depan, mengingat asesmen GCG yang dilakukan sangat mempengaruhi faktor utama dalam tata kelola perusahaan yaitu Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi. Direktur SDMA mengatakan, “Dari pelaksanaan asesmen ini memberikan pengaruh yang besar terhadap perusahaan.”

Dari hasil laporan asesmen tersebut menunjukan bahwa kualitas penerapan prinsip-prinsip GCG dalam penyelenggaraan kegiatan usaha perusahaan telah memenuhi kualifikasi cukup yaitu dengan capaian skor sebesar 71,78%. Hal ini menandakan bahwa lima aspek yang diuji dalam GCG yaitu transparansi, pertanggungjawaban, akuntabilitas, kemandirian dan kewajaran selama ini telah dilakukan dengan baik oleh perusahaan, walaupun perusahaan baru pertama kali melaksanakan asesmen mengenai GCG. Namun meskipun telah berjalan dengan baik, ada beberapa diantaranya belum didukung oleh kebijakan tertulis untuk pelaksanaannya. Diskusi tersebut dilakukan sampai selesai pada siang hari dengan diselingi acara makan siang bersama.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888