Pages

Monday, January 21, 2019

Blok Bentu, Project Perdana Layanan Preloading Seismic DAHANA

Divisi Minyak & Gas  PT DAHANA (Persero) pada akhir Januari 2019 ini akan melakukan layanan perdana Preloading survey seismik.  Preloading bahan peledak seismik adalah salah satu kegiatan dalam survey seismik. Dimana kegiatan preloading ini adalah pekerjaan memasukkan bahan peledak dayagel seismic kedalam lubang tembak, shotpoint dalam survey seismik.
Sebelumnya, pada kegiatan Survey Seismik DAHANA hanya sebagai penyuplai bahan peledak.  Namun mulai 2019 Divisi Minyak & Gas DAHANA kini telah meningkatkan layanan lini bisnisnya pada jasa Preloading bahan peledak seismik.

Pada layanan preloading ini DAHANA harus melakukan beberapa proses kerja mencangkup proses pengecekan quality control kondisi lubang tembak, perangkaian bahan peledak seismik, loading bahan peledak seismik kedalam lubang tembak, dan tamping atau penutupan lubang tembak.

Kepada Dfile, Arif Hidayat, Asisten Manager Hubungan pelanggan Divisi Minyak & Gas PT DAHANA (Persero) mengaku bahwa DAHANA telah siap dengan layanan barunya. “Saat ini DAHANA sudah memiliki SDM dan tim yang mampu mengerjakan layanan baru ini, sudah terlatih dan telah mengikuti on job training dalam proyek seismik 3D di KSO Pertamina EP - Techwin South Betung,” terangnya.

Arif pun menuturkan, layanan baru Divisi Minyak & Gas DAHANA ini secara perdana akan dilaksanakan di salah satu blok migas yang dikelola oleh EMP Bentu Ltd. di daerah Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. “Pada projek ini DAHANA sebagai subkontraktor dari Gelombang Seismik Indonesia (GSI) untuk pengerjaan preloading seismik,” ungkapnya.

Lebih jauh, Arif  memaparkan tentang kondisi yang akan dihadapi tim DAHANA saat melakukan pengerjaan tugasnya. Ada beberapa hal yang akan menjadi tantangan dilapangan, seperti kondisi litologi lubang shotpoint, kondisi medan, dan kondisi masyarakat.

Prediksi tantangan di lapangan ini pun telah disiapkan upaya pemecahan masalahnya. Misalnya pada kondisi litologi, terutama yang ada lapisan pasir, tim drilling akan melakukan pencucian lubang bor dengan cairan polimer agar dinding lubang bor tidak mudah runtuh.

Sementara untuk menghadapi kondisi medan yang sulit dilalui seperti rawa atau sungai, akan dibuatkan bridging oleh tim topografi untuk akses jalan.  Sementara itu, untuk berhubungan dengan masyarakat, tim preloading akan didampingi oleh tim humas dari kontraktor dan klien.

“Pada intinya meski ini layanan baru DAHANA, kami sudah siap dalam pengerjaan yang sesuai dengan harapan yang diminta oleh mitra DAHANA,” katanya.

Menurut informasi dalam melakukan layanan preloading seismic kali ini, DAHANA akan melakukan loading sebanyak 2.214 shotpoint, dengan rencana penggunaan detonator sebanyak 5700 pcs dan penggunaan bahan peledak Dayagel sebanyak 6,7 ton. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888