Pages

Tuesday, November 6, 2018

Tips Menghadapi Pergantian Musim

Indonesia sebagai negara tropis mengalami dua musim, panas dan hujan. Masa-masa transisi keduanya seringkali menimbulkan dampak bagi kesehatan, terutama menyerang tubuh yang kurang prima. Saat ini kita sudah mulai masuk pada momen pergantian musim dari panas ke hujan, dengan tingkat perubahan cuaca yang ekstrim.

Saat pagi hari kita bisa mendapati cuaca yang begitu cerah, sementara di siang hari mulai panas dengan kadar ultraviolet (UV) yang tinggi, sementara pada malam hari terjadi hujan lebat. Melalui gadget, kini Google sering memberikan notifikasi cuaca. Sinar UV sepanjang pertengahan Oktober hingga kini berada di rentang 27-29, kondisi yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, dan penyakit lainnya.

Bagi para karyawan DAHANA dan pembaca Dfile, kami merangkum beberapa tips menghadapi pola pergantian musim yang ekstrim ini. Berikut adalah tipsnya:
1. Perbanyak konsumsi air putih
Air putih memiliki kandungan mineral yang mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membersihkan tubuh dari virus-virus, mencegah dehidrasi dan menambah energi dalam tubuh.
2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Mengkonsumsi makanan-makanan penuh nutrisi mampu membuat tubuh menjadi segar dan memenuhi kebutuhan tubuh dalam melawan virus yang terbawa oleh pergantian cuaca, hindari pula konsumsi makanan yang kurang sehat terutama bagi pecinta gorengan, karena minyak yang dikandung dalam gorengan dapat mempercepat munculnya radang dan berbagai penyakit lainnya.
3. Olahraga secara rutin
Olahraga ringan seperti lari selama 10 menit setiap hari sangat penting untuk menjaga stamina tubuh.
4. Istirahat yang cukup
Untuk para pecinta bergadang, hindari dulu kebiasaan ini, apalagi di saat cuaca sedang tak menentu. Istirahatlah secukupnya, karena itu dapat mengontrol tingkat stress, penyakit hati, dan juga dapat badan sehat dan segar.
5. Hindari kontak langsung dengan matahari
Sinar matahari memang baik bagi tubuh, tapi dalam situasi yang ekstrim seperti sinar UV yang mencapai 29 derajat, para pembaca sekalian terutama teman-teman yang bekerja di site atau di luar lapangan, perlu memakai pakaian pelindung tubuh seperti topi, baju panjang, dan krim yang dapat menjaga tubuh dari sengatan ultraviolet.
6. Menjaga kebersihan
Menjaga lingkungan agar tetap higienis dapat membantu tubuh dari virus-virus yang terdapat pada benda-benda di sekitar, baik di rumah maupun di tempat kerja.
Namun, jika tubuh sudah merasa tidak enak, dan terserang penyakit, bersegeralah hubungi dokter terdekat untuk mengurangi reksiko lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888