Pages

Wednesday, April 11, 2018

UNHAN Ajak Mahasiswanya Penelitian Tentang DAHANA

Puluhan mahasiswa magister Universitas Pertahanan (Unhan) pada Rabu (11/04/2018) berkunjung ke Kampus DAHANA, Subang. Mahasiswa yang berjumlah 20 orang ini merupakan mahasiswa program studi Ketahanan Energi Fakultas Manajemen Pertahanan.
Menurut Sekretaris Program Studi Ketahanan Energi Yanif Dwi, mahasiswa yang tengah dibimbingnya ini merupakan mahsiswa semester 2 yang sebentar lagi akan mempersiapkan tesisnya.

“Kegiatan ini merupakan Study Visit, dan berharap dengan kedatangan ke DAHANA ini akan ada tema-tema untuk tersis mereka.  Tema tersebut bisa dikaitkan dengan pengembangan-pengembangan yang tengah dilakukan DAHANA,” ujar Yanif Dwi kepada Dfile. (11/4/2018).

Lebih rinci Yanif menjelaskan bahwa hal tersebut adalah bagian dari isi nota kesepahaman yang pernah ditandatangani oleh Unhan dan DAHANA pada 2016, diantaranya yaitu kerjasama penelitian.

“Maka kita tindaklanjuti dengan tesis mereka terkait tentang DAHANA, atau ada juga program lain, seperti ada karyawan DAHANA yang akan kuliah di Unhan,” terangnya.

Selama kunjungan di DAHANA, selain mendapat pemaparan tentang produk DAHANA, rombongan diajak mengitari ring 1, meninjau fasilitas produksi detonator non-elektrik. Setelah melihat kondisi DAHANA, Yanif memberikan pandangannya tentang DAHANA. Menurutnya DAHANA adalah perusahaan BUMN yang memiliki potensi berkembang karena memegang kunci sebagai industri bahan peledak.

“Kalau DAHANA bisa mengembangkan, kemudian bisa diterima oleh user-user yang tidak hanya di industri pertahanan, dengan melakukan inovasi dan percepatan,” imbuhnya.

DAHANA yang juga perusahaan yang bertema gedung hemat energi, lanjut Yanif, bisa menjadi tempat riset mahasiswanya.   Sebagai contoh adalah area DAHANA yang ditumbuhi pohon trembesi atau Kemiri Sunan yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif.

“Mahasiswa kami ada yang telah melakukan penelitian tentang Trembesi sebagai energi alternatif, dan bisa jadi ini pun bisa diuraikan di DAHANA,” ungkapnya.

Hal lainnya yang bisa menjadi objek penelitian tentang energi menurutnya adalah tentang rencana pembangunan Waduk Sadawarna, “Waduk yang dibuat kiranya perlu juga menjadikan DAHANA bisa lebih efisien dalam energi, tidak lagi mengandalkan PLN,” katanya. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888