Forum Humas BUMN yang hadir sebagai wadah sarana komunikasi
seluruh divisi humas perusahaan milik pemerintah, senantiasa terus meningkatkan
kinerja para anggotanya. Terkait
dengan hal itu, FH BUMN kembali menggelar seminar mengenai
reputasi kinerja PR dengan tajuk “Strategi Cerdas Menjaga
Reputasi” yang digelar pada tanggal 3-4 Februari 2017 di Medan Sumatra Utara.
Kegiatan
ini diikuti oleh 150 peserta baik dari
perwakilan humas BUMN maupun para praktisi humas dan perwakilan beberapa
perguruan tinggi di Medan antara lain, Universitas
Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Medan dan Sekolah Tinggi
Jurnalistik. Sebelum dibukanya acara ini para peserta diajak napak
tilas, berwisata “heritage” berjalan kaki melalui beberapa destinasi
kawasan sejarah dikota Medan.
Seminar dibuka oleh Ketua
Umum FH BUMN, Ahmad Reza. Dalam
sambutannya, Reza
menyampaikan bahwa sebagai
praktisi humas, BUMN akhir-akhir ini menjadi perhatian dari berbagai stakeholder.
“Tentunya
memerlukan strategi yang tepat dalam menjaga reputasi BUMN di tengah dinamika
dan gencarnya publikasi dan krisis yang dihadapi beberapa BUMN, sehingga pembahasan
reputasi BUMN menjadi topik utama seminar PR Tanpa Batas ini,” kata Ahmad Reza.
Reza juga menambahkan acara ini merupakan rangkaian program
sosialisasi dan edukasi aktivitas BUMN tuan rumah yaitu Pelindo 1 yang bekerja sama dengan Forum
Humas BUMN. “Kami mengajak langsung
seluruh peserta ke kawasan Belawan termasuk tour port BICT
untuk melihat makna BUMN yang hadir untuk negeri”, paparnya.
Turut
pula hadir sebagai pembicara Arief Prabowo, VP Corporate
Communications PT Telkom (Persero) Tbk dengan paparan Smart Managing Corporate Image Through Disruptive Way. Ira
Koesno selaku praktisi PR dengan ulasannya tentang strategi meningkatkan
reputasi Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri, dan sebagai
pembicara terakhir Reza A. Maulana dari Antara Insight tentang pengelolaan
isu-isu publik berbasis monitoring pemberitaan media.
"Kegiatan ini
sangatlah bagus, kami mencoba meningkatkan kesadaran peran PR BUMN di
tengah derasnya arus informasi saat ini terlebih maraknya isu hoax
sehingga PR di tuntut untuk memahami betul content dan context dari
suatu kondisi,” ujar Reza.
Sementara itu, PT DAHANA
(Persero) sebagai anggota Forum Humas BUMN, turut pula mengirimkan perwakilannya
di kegiatan ini, Perusahaan penghasil bahan peledak ini memberangkatkan salah
satu humasnya, Neni Sumarni.
“Saya sangat bangga di beri
kesempatan untuk menghadiri seminar ini, selain menambah wawasan mengenai
materi kehumasan, saya juga bisa bertukar pengalaman dengan rekan sesama humas
dari BUMN lain,” ungkap Neni kepada Dfile.
Masih menurutnya, acara ini sangat
menarik terutama sambutan panitia yang begitu memuaskan. “Seluruh humas BUMN yang hadir dijamu dengan jamuan kuliner medan yang rasanya begitu mak nyus,” pungkasnya
seraya mengacungkan ibu jari kanannya. (aan)
No comments:
Post a Comment