Pages

Monday, October 3, 2016

Aplikasi Pertama DAHANA untuk Elektronik Detonators Remote Firing



Hari Kamis, 8 September 2016, mungkin untuk sebagian besar karyawan DAHANA merupakan hari yang biasa.  Namun untuk ‘pasukan katak’ (pastak) Divisi Tambang Umum-2 yang bertugas di Site Project Adaro Tanjung Tabalong Kalsel, hari itu adalah hari cukup spesial.
“Hari ini sangat spesial buat kami pastak Adaro, dan saya kira akan menjadi spesial juga untuk DAHANA secara keseluruhan.   Karena hari inilah untuk pertama kalinya DAHANA melaksanakan peledakan electronic detonators dengan system Remote Firing,” ujar Dadan Munawar, Manager Area Kalimantan Selatan yang diberi mandat oleh DAHANA dalam pelaksanaan aplikasi electronic detonator dan Remote Firing di Dahana.

Peledakan dengan Remote Firing pertama tersebut sukses dilakukan pada pukul 12.55 WITA dilokasi Pit North-1 area PT SIS, dengan jumlah lubang ledak 173 E*STAR electronic detonators, metode single deck. Di hari spesial ini, Zainal salah seorang Blaster lokal putra Tanjung Tabalong mendapat kehormatan untuk menekan tombol ARM+FIRE pada Remote Control Unit dalam pelaksanaan peledakan secara Remote Firing yang pertama kalinya dalam sejarah services DAHANA.

Dalam sejarahnya, setelah bekerjasama dengan salah satu Pabrikan Electronic Detonators terkemuka di Dunia yaitu Austin Detonators Czech - Austin Powder International, DAHANA mulai pertengahan tahun 2014  telah memulai proses transfer knowledge dan teknologi terkait aplikasi electronic detonators, serta secara pararel sukses mengaplikasikan peledakan E*STAR electronic detonators.

Sampai saat ini sudah 2,5 tahun DAHANA mengaplikasikannya di Site Project Adaro Indonesia  dan puncaknya adalah dengan pelaksanaan aplikasi E*STAR Wireless Remote Firing Devices (WRFD) kali ini di site Dahana Adaro.

Lebih lanjut Dadan menjelaskan dalam system inisiasi peledakan (blasting initiating system) remote firing adalah teknologi terkini. Dan ini membuktikan DAHANA saat ini telah mampu mengaplikasikannya, serta membuktikan telah mampu meningkatkan kompetensinya, baik services maupun SDM.

“Dengan mengaplikasikan peledakan dengan Sistem remote firing saat ini DAHANA sudah sejajar dan mampu bersaing dengan blasting services lainnya yang berasal dari luar negeri,ujar Dadan.

Pada pelaksanaan di lapangan, terang Dadan semua proses untuk blasting electronic detonators dengan system remote firing ini sepenuhnya full dilakukan oleh karyawan DAHANA, tidak ada ekspatriat.   Dalam prosesnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, ternyata diperlukan persiapan yang cukup panjang dan effort yang lumayan menguras tenaga dan pikiran.

Proses transfer knowledge and technology memakan waktu paling lama karena ini adalah ilmu aplikasi bukan hanya teoritis, jadi diperlukan jam terbang dan pengalaman aplikasi langsung dilapangan terutama untuk solving troubleshooting.

Waktu sekitar 2,5 tahun terakhir inilah yang telah menjawabnya, membayar hasil kerja keras bersama team. Baik team operation Pastak Adaro maupun team support di Jakarta untuk pengurusan legalisasi dan perijinannya sehingga proses blasting electronic detonators remote firing ini dapat terlaksana dengan aman, lancar, sukses dan berhasil,” ungkapnya.
Dengan keberhasilannya ini, Dadan menuturkan tentunya tidak membuat berpuas diri, justru kedepan harus makin menggali dan menganalisa serta mempelajari lebih dalam terkait teknologi electronic detonator dan remote firing,

“Harapannya Dahana mampu menguasai secara keseluruhan teknologi ini, insyaa Allah Dahana mampu memproduksi sendiri electronic detonators, Dayadet Dayatronic. Aamiin,” pungkas Dadan. (sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888