Pages

Tuesday, April 7, 2015

DAHANA Akan Menjadi Prototype Program MTRE3 UNDP


Sebagai perusahaan bahan peledak yang memiliki konsep Green Building, PT DAHANA (Persero) mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJE BTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (KESDM-RI)  menjadi salah satu percontohan bangunan yang direkomendasikan untuk mengaplikasikan program Market
Transformation Renewable Energy and Energy Efficiency (MTRE3) atau disebut Transformasi Pasar Energi Terbarukan Dan Energi Efisiensi.

Hal itu disampaikan langsung oleh salah satu tim EBTKE-KESDM, Siti Rahmah yang mengatakan bahwa PT DAHANA merupakan salah satu bangunan yang diproyeksikan untuk menjadi percontohan program MTRE3.

“Dinas Kementerian ESDM tingkat provinsi telah merekomendasikan perusahaan DAHANA dalam program ini (MTRE3). Dan satu-satunya bangunan yang direkomendasikan oleh Provinsi Jawa Barat,” terang Siti Rahmah saat melakukan kunjungan ke KAMPUS Dahana Subang pada Kamis, 2 April 2015.

Siti Rahmah pun menerangkan bahwa program MTR3 adalah program yang diinisiasi oleh United Nations Development Programme (UNDP) dalam rangka mendukung target penurunan emisi gas rumah kaca dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan yang tersebar di Indonesia.

“Program MTRE3 ini merupakan turunan program berdasarkan Perpres nomor 61 tahun 2011 dan mendukung Perpres nomor 79 tahun 2014. Tentang kebijakan energi nasional,” ungkap Siti.

Sementara itu tim Kementerian ESDM Provinsi Jawa Barat, Dadan MR. menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program efisiensi energi ini, pihaknya kini tengah mempersiapkan sebuah aplikasi pelaporan efisiensi energi.

“Aplikasi ini untuk memudahkan pelaporan penggunaan energi dan air. Dan akan direkap yang natinya dilaporkan ke pusat. Dari sini kita bisa menilai sejauh mana penerapan efisiensi energi dan air di suatu tempat. Dan kita akan mulai dari gedung-gedung komersil dan pemerintah,” ujar Dadan.

Program MTRE3 itu sendiri akan di mulai pada tahun 2016, namun tim UNDP sudah mulai bekerja dari bulan Agustus tahun ini. Hari Yuwono Tim dari UNDP mengatakan tahun ini merupakan pencariaan Prototype yang berkomitmen menerapkan efisiensi energi, yang kedepannya akan menularkan pada yang lainnya.

Sebagai perusahaan yang telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam bidang lingkungan, PT DAHANA (Persero) sejak berdirinya KAMPUS DAHANA di Kabupaten Subang serta dengan Visi Misinya, DAHANA berkomitmen untuk menjaga kelestarian dan ramah lingkungan. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888