Pages

Tuesday, October 14, 2014

Pohon Terlangka di Dunia Tumbuh di KAMPUS DAHANA



Ternyata ada pohon langka di dunia yang tumbuh di halaman Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero) di Kabupaten Subang. Baobab, itulah nama pohon yang berasal dari Afrika, pohon ini bisa tumbuh kurang lebih sampai 500 tahun.


Dan ternyata pohon langka yang terdapat di halaman Kampus Dahana adalah pohon Baobab hasil dari budi daya yang dilakukan oleh unit Nursery PT DAHANA.  Herdi Firmansyah salah satu pengelola pembibitan di unit Nursery mengatakan bahwa pohon baobab yang ditanam dan tumbuh di kawasan Kampus Dahana ada 10 pohon.

“Ada 10 pohon yang tumbuh di Dahana, diantaranya terdapat di halaman depan kantor Sekretariat, depan kantor direksi dan di halaman Gedung Bale Dahana,” terang Herdi kepada Dfile.

Pohon Baobab atau African Baobab dengan nama latinnya Adonsonia Digitata yang berusia ratusan tahun ternyata banyak terdapat di Kabupaten Subang. Menurut data Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, sampai saat ini di Subang tersisa 12 pohon Baobab yang usianya ratusan tahun.
Pohon Baobab ini sering disebut dengan nama African Baobab, Asem Buta.  Namun masyarakat Subang punya penyebutan nama tersendiri untuk pohon Baobab yakni “Ki Tambleg” karena usianya yang tua maka di sebut Aki atau Ki, batangnya yang besar dan tinggi kokoh atau dalam bahasa sunda di sebut “Nambleg”.

Ki Tambleg saat ini sudah menjadi ikon konservasi lingkungan di Kabupaten Subang, dan PT DAHANA (Persero) merupakan salah satu BUMN bahan peledak yang ikut serta dalam konservasi tanaman ini, dengan cara membudi dayakan serta pembibitan Ki Tambleg yang dilakukan oleh unit Nursery. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888