Pages

Thursday, October 2, 2014

Kemarau Panjang, ‘Hujan Buatan’ Basahi Taman Kampus Dahana



Kemarau panjang berdampak pada keringnya rerumputan dan pepohonan disekitar PT DAHANA (Persero). Rerumputan yang berada di sekitar taman Kantor Manajemen Pusat (Kampus) DAHANA Subang kini tampak mulai terlihat menguning. 

Cuaca terik dan tidak turunnya hujan membuat tim kerja perawat tanaman DAHANA harus bekerja ekstra.  Mereka mengontrol dan menyirami tanaman yang berada disekitar taman Kampus Dahana Kabupaten Subang. 

Seperti apa yang dilakukan oleh tim dari unit kerja Nursery, mereka harus bolak balik mengambil air yang dimasukan ke dalam drum dan diangkut dengan mobil bak terbuka dan menyiramkannya pada pepohonan yang berada di area taman depan Kampus. Dengan menggunakan selang pipa yang sangat panjang mereka harus menyirami setiap pohon yang baru saja mereka tanam yang umurnya belum genap setahun di tengah semak-semak ilalang.

“Karena  lama tidak turun hujan, jadi kita sengaja sirami beberapa pepohonan hasil pembibitan di Nursery yang baru ditanam di halaman Kampus,” kata Bambang Avrianto yang bertugas di unit Nursery.

Bambang pun menambahkan, setiap harinya dia harus mengangkut sekitar 1.200 liter air untuk kebutuhan menyirami pohon yang baru di tanam di area taman kampus.
Selain petugas dari Nursery, terdapat juga petugas lainnya yang merawat tanaman di halaman Kampus.  Mereka adalah karyawan yang dipekerjakan selain merawat tanaman juga menjaga kebersihan dan keindahan halaman Kampus Dahana. 

Selama musim kemarau panjang ini, mereka harus menyirami semua taman yang ada di sekitar gedung Kampus, untuk menjaga kesegaran tanaman.  Bahri, salah seorang koordinator tim Landscape, menerangkan bahwa timnya memiliki jadwal penyiraman tanaman sehari dua kali, setiap pagi dan sore hari. 

Hasil pantauan tim DFile, mereka yang bertugas menyirami halaman, harus naik ke atas gedung atau Roof untuk menyemprotkan air ke sekitar halaman dengan menggunakan selang air yang biasa digunakan untuk hydrant. Nampak mereka seperti membuat hujan buatan.  Mengguyurkan air pada setiap pepohonan dan rerumputan.
“Terkadang untuk menjangkau ke seluruh area kami menggunakan pipa dan air hydran untuk bisa menyirami tanaman, biar seluruh tanamannya basah.” pungkas Bahry. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888