Pages

Thursday, December 5, 2013

Kata Dosen Teknik Pertambangan Tentang DAHANA

Puluhan tahun menjadi akademisi dan pengamat di pertambangan batubara, tak lantas membuat Sri Widodo paham betul seluk beluk bahan peledak sektor batubara. Dosen Jurusan Mining Engineering Universitas Hasanuddin Makassar ini terkejut saat berkesempatan bertandang ke Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (PERSERO), di Drill and Blast Conference yang digelar PERHAPI.


Bagi Sri Widodo, yang telah lama mengajar teknik pertambangan, melihat langsung pabrik pembuatan dan paparan teknik peledakan adalah hal baru baginya.  Widodo mengakui, di beberapa perguruan tinggi indonesia terbaik sekalipun, pemahaman mahasiswa dan dosen terkait bahan peledak sangat minim, dan kebanyakan masih hanya sebatas teori. 

“Sarana prasarana laboratorium khusus bahan peledak hampir tak ada, dan umumnya digabung dengan laboratorium kimia. Padahal bahan peledak menjadi pendukung penting yang harus diketahui dalam teknik pertambangan,” ujar Widodo.

Kenyataan tersebut menurut Widodo, membuat bahan peledak belum banyak dikembangkan (riset) di Indonesia, karena minimnya tenaga ahli sektor peledakan. Dosen pengampu mata kuliah coal geochemist and petrologist ini mengapresiasi PT DAHANA (Persero) yang mengembangkan bahan peledak secara terintegrasi di kawasan EMC.

EMC dikatakan Widodo, menjadi satu-satunya pusat riset dalam negeri yang mengembangkan bahan peledak, dimana dosen, mahasiswa, dan akademisi teknik pertambangan lainnya belajar dan melihat langsung pembuatan bahan peledak. “Jangan hanya sebatas teori,” tukas Widodo. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888