Pages

Tuesday, October 1, 2013

Dahana Ciptakan (Lagi) Bahan Peledak Anyar

“Inovasi adalah investasi yang sangat panjang bagi perusahaan, langkah awal kita tanamkan inovasi sebagai budaya perusahaan,”
F. Harry Sampurno
Tim dari Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA (Persero) kembali melahirkan inovasi. Kali ini, tim yang dipimpin Kepala EMC PudjiSuprapto ini berhasil menciptakan bahan peledak baru dengan nama FRG. Penemuan handak baru tersebut berawal dari masalah yang ditemukan pada proses peledakan di site KBK Mirah, Kalimantan Tengah.
Di site tambang emas tersebut, kondisi batuan memiliki sifat sangat reaktif.  Kondisi tersebut menyebabkan bahan peledak yang sudah ditanam meledak dengan sendirinya karena dipicu perubahan reaksi tanah. Reactive ground sendiri merupakan akibat dari kondisi batuan yang mengalami perubahan suhu sangat cepat, karena dipicu medan listrik bumi atau faktor lain seperti panas geotermal.

Selain bisa berakibat fatal selama peledakan, efek tersebut bisa membuat proses peledakan berlarut-larut karena butuh tingkat kesulitan dan ketelitian yang tinggi. Untuk mengatasinya, Tim EMC kemudian memformulasikan bahan peledak emulsi baru yang bisa dipakai di site milik PT Kasongan Bumi Kencana tersebut.
Diungkapkan Dadan Munawar, Manager Hubungan Pelanggan Divisi Tambang Umum 1, bahan peledak temuan baru tersebut efektif ditanam di site yang memiliki karakteristik khusus tersebut. “Ini pertamakalinya di dunia pertambangan, dan pertama kalinya diaplikasikan bahan peledak khusus reactive ground,” kata Dadan.
Lebih jauh, temuan handak FRG karya EMC ini akan dipatenkan dalam waktu dekat. Direktur Utama PT DAHANA (Persero) F. Harry Sampurno mengungkapkan, inovasi produk dan layanan terus digenjot pada seluruh karyawan. “Inovasi adalah investasi yang sangat panjang bagi perusahaan, langkah awal kita tanamkan inovasi sebagai budaya perusahaan,” ujar Harry ditemui di BUMN Award 2013 di Jakarta Convention Center. (IDR)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888