Pages

Monday, March 23, 2015

Strategi Agung Prionegoro Puaskan Konsumen Kritis



Di balik sebuah kesuksesan perusahaan dalam operasi bisnisnya, selalu ada sosok di belakang layar yang menginspirasi dalam kemajuan perusahaan. Kesuksesan tak datang secara instan, butuh kerja keras dan seorang pemimpn yang mampu membangun tim solid. Sosok inspiratif itulah yang mungkin bisa ditemukan pada sosok Agung Prionegoro.


Sebagai Site Koordinator Adaro Kalimantan Selatan, Agung ikut berperan membawa PT DAHANA sebagai kontraktor utama peledakan di tambang batubara terbesar di Indonesia tersebut. “Susah senang sudah banyak dialami selama di Adaro. Dari produksi awal yang hanya 200-an ton bulk emulsion bahan peledak, kini produksi DAHANA sudah mencapai 2000 ton per harinya,” ujar Agung.

Sempat tertinggal jauh di belakang kompetitor lain, Agung sukses membawa perusahaan handak plat merah ini menjadi salah satu kontraktor utama dalam jasa peledakan di site Adaro. “Saat awal datang ke site Adaro, semua aspek jasa DAHANA seperti produksi, performance, dan kinerja tim jauh tertinggal ketimbang pesaing. Namun sekarang sudah berubah karena kami bisa secara bertahap memberikan yang terbaik,” ungkapnya. 

Menurut pria yang tercatat baru melepas masa lanjangnya ini, menjaga kontinuitas pada kesiapan rencana lokasi peledakan dan menggenjot target produksi bahan peledak, menjadi kunci utama memastikan konsumen puas dengan service Dahana.  Semua itu, kata Agung, hanya bisa diraih dengan pelayanan total service yang bertumpu pada tim yang solid. “Membangun tim di Adaro dengan cara saya sendiri. Mengatur SDM dari tua sampai yang muda untuk membangun kerjasama di site,” kata Agung.

Agung menambahkan, memberikan contoh langsung di lapangan, serta mengkoreksi apa yang menjadi kekurangan dari pekerjaan rekan kerjanya adalah strategi utamanya membangun tim lapangan yang solid. “Mau mendengarkan keluhan teman-teman serta bisa memberikan masukan, hal itu akan memberikan motivasi kepada rekan kerja,” tukasnya.

Dia melanjutkan, semua tim juga harus memahami seluk beluk permasalahan konsumen dari hulu hingga ke hilirnya. “Mau dikoreksi oleh konsumen dan respon cepat dari apa yang diminta pelanggan. Karena sebaik-baik pelayanan pasti ada kekuranganya di mata konsumen. Dan yang tak kalah pentingnya adalah pendekatan secara personal pada konsumen,” terang karyawan yang bekerja di Dahana sejak 2010 ini. 

Kesuksesan Dahana bukan tanpa halangan. Tahun 2011, kata Agung, bisa dikatakan menjadi tahun terberat timnya di site Adaro. “Permasalahan internal dalam transisi sistem pengelolaan site, dan hujan komplain dari konsumen perihal performance Dahana yang belum maksimal. Dari situ saya mendapat pelajaran bagaimana menghadapi sesama karyawan dan konsumen,” jelas lulusan Teknik Pertambangan Universitas Islam Bandung (Unisba) ini. 

Selain itu, menurut Agung, strategi yang diterapkannya menjadi kunci kesuksesan Dahana menghadapi konsumen yang dianggapnya cukup kritis yang menuntut pelayanan terbaik. Keberhasilanya itu pula yang mengantarkanya menjadi karyawan berprestasi pada tahun lalu. “Saya yakin itu (red: penghargaan) semua adalah usaha yang telah dilakukan untuk bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Dahana,” imbuhnya. IDR

1 comment:

  1. salute untuk bung Agung dgn kerja kerasnya,semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi mhs tambang Unisba; salam tambang dr rekanmu di Kaltim

    ReplyDelete

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888