Pages

Tuesday, November 3, 2015

Uji Kualitas Produk Dahana, Anggota Wantimpres Ledakan Non Electric Detonator


Kamis, (29/10), M. Yusuf Kartanegara salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Pertahanan dan Keamanan mengunjungi PT DAHANA (Persero). Salah satu agenda kunjungannya yaitu meninjau fasilitas produksi yang dimiliki oleh DAHANA.

Dengan menggunakan mobil Plant Tour, rombongan Wantimpres berkesempatan memasuki area ring 1. Didampingi Plt. Direktur Utama Bambang Agung, tim diajak mengitari kawasan berbahaya untuk melihat langsung kondisi area produksi bahan peledak.

Tim akhirnya diajak masuk, melihat proses salah satu pabrik handak yaitu pabrik Detonator Non Electric atau Non Electric Detonator, salah satu komponen penting yang bisa menginisiasi ledakan. Setelah mendapat pemaparan bagaimana Non Electric Detonator di produksi, tim diberi kesempatan untuk ikut serta mencoba meledakkan pengujian kualitas Non Electric Detonator yang telah diproduksi.
“Pak, silakan coba, ledakan Non Electric Detonatornya,” ujar Mamat Ruhimat Sekretaris Perusahaan menawarkan kepada tim Wantimpres.

Akhirnya, M. Yusuf Kartanegara anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Pertahanan dan Keamanan mencoba menjajal meledakkan Non Electric Detonator. Dipegangnya shot gun (Alat pemicu Non Electric Detonator). Ditekannya salah satu tombol pada Shot Gun, dalam hitungan tiga, tombol satu lagi ditekan.

“Duarr..!” Non Electric Detonator pun meledak.
“Nah ini pak hasilnya, bisa dilihat di Komputer,” terang Ivan Angga Maulana, Asisten Manager Produksi Usaha Non Electric Detonator kepada tim Wantimpres
Ivan pun menjelaskan hasil uji mutu Non Electric Detonator, bahwa dengan uji mutu akan diketahui kualitas ledakan dan cepat rambatan Non Electric Detonator yang telah diproduksi. Uji mutu ini biasa dilakukan setiap Non Electric Detonator telah selesai diproduksi, sebelum dikemas dan dikirim ke konsumen. (sya)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888