Pages

Tuesday, August 11, 2015

Dibangun, Pabrik Bahan Baku Pendorong Roket



Kementerian Pertahanan RI memulai pembangunan fisik rangkaian fasilitas industri propelan.  Acara yang dikemas dalam Initial Construction Fasilitas Penelitian dan Pengembangan Sarana & Prototipe Nitrogliserin ini dilaksanakan di Kawasan Energetic Material Center (EMC) milik PT DAHANA (Persero) di Subang pada Senin, 10 Agustus 2015.


Hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN F. Harry Sampurno, Dirjen Pothan Kemhan RI Timbul Siahaan,  Kapuslitbang Sumdahan Kemhan Laksamana Pertama Budihardja Raden dan sejumlah undangan lainnya.

“Saya sudah tiga puluh lima tahun menggeluti propelan, dan baru hari ini proyek ini betul-betul terlihat di hadapan kita,” tutur Timbul Siahaan, Dirjen Pothan Kemhan RI dalam sambutannya.

Nitrogliserin sendiri merupakan bahan baku pembuatan propelan, pendorong roket.   Balitbang Kemhan sebagai pemilik proyek membangun fasilitas ini di lahan Energetic Material Center (EMC) milik PT DAHANA (Persero) yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

DAHANA berperan dalam penyediaan peralatan utama, engineering, utilitas, bangunan, pelaksanaan commisioning maupun start-up proyek pembangunan fasilitas penelitan dan pengembangan sarana dan prototipe nitrogliserin sebagai bahan baku propelan. 

Dalam pelaksanaan pembangunannya, DAHANA akan ditopang oleh kontraktor PT Waskita Karya.   Fasilitas litbang Sarana & Prototipe Nitrogliserin ini nantinya memiliki kapasitas 200 MT/tahun dengan teknologi dari Rheinmetal Denel Munition Afrika Selatan. 

Pembangunan Proyek Nitrogliserin ini berawal dari kesepakatan bersama tentang pengembangan SDM, penelitian dan pengembangan teknologi dalam bidang bahan peledak serta propelan.  Kesepakatan tersebut kemudian disusul dengan Perjanjian Kerjasama tentang penelitian dan pengembangan sarana dan prototipe nitrogliserin (bahan dasar propelan) antara DAHANA dengan Balitbang Kemhan pada tahun 2014. (jjs)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888