Pages

Wednesday, May 25, 2016

Optimalisasi Kinerja, Satpam DAHANA Digembleng



Untuk mengoptimalkan kinerja saat melaksanakan tugas, Satuan Pengamanan (Satpam) PT DAHANA (Persero) mendapat pendidikan dan pelatihan dasar Satpam Gada Pratama. Pelatihan yang digelar setiap akhir pekan selama sebulan ini, diikuti oleh 24 anggota satpam yang bertugas di kawasan Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA, Subang.


Ikhwana, salah seorang koordinator Satpam DAHANA, menjelaskan kegiatan latihan ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu mulai 24 April – 22 Mei 2016. “Hitungannya pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari, karena kondisi anggota sambil bekerja, jadi kita buat latihan selama lima minggu setiap Sabtu dan Minggu,” terang Ikhwana kepada Dfile, disela-sela acara pelatihan terakhir pada Minggu (22/5) di Gedung Bale DAHANA.

Selama pelatihan, peserta mendapat materi dan dilatih oleh anggota kepolisian dari Polda Jawa Barat. Salah satunya yaitu Nata Kusumah, bagian Binmas Polda Jabar. Nata menerangkan materi-materi yang diberikan kepada Satpam DAHANA yaitu materi yang berkaitan dengan keterampilan dalam pengamanan di area objek vital nasional.

“Semua materi yang diajarkan suatu saat akan berguna di lapangan, yang terpenting adalah setelah mendapat pelatihan bisa diaplikasikan dan terus diasah dan dilatih,” ujar Nata Kusumah.

Sementara itu, koordinator pelatihan Ahmad Zaen menerangkan kegiatan ini bukan saja semata-mata memberikan pemahaman dan keterampilan, namun bagian dari upaya agar setiap anggota satpam mendapat legalitas dari kepolisian untuk menjalankan peranannya sebagai kepolisian terbatas.

“Melakuan penggeladahan itu tidak sembarangan, anggota yang melakukan itu harus secara sah memiliki legalitas sebagai pelaksana kepolisian terbatas. Dengan pelatihan ini mereka akan mendapat legalitas itu,” ungkap Zaen.

Salah satu peserta pelatihan, Rahmat Ismail mengatakan dengan pendidikan dasar yang diikutinya ini, ia merasakan banyak manfaat yang didapatkannya untuk meningkatkan kinerja dilapangan. “Apa yang dibutuhkan di lapangan ternyata semua didapat dilatihan ini. Kita mendapat wawasan lebih luas bagaimana menjalankan tugas sebagai petugas keamanan,” kata Rahmat kepada Dfile. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888